***BEDAH TUNTAS BUDIDAYA AGROBISNIS SEMUT RANG-RANG MSB***BERSINERGINYA GNP DENGAN MSB TEBAR KEBAHAGAIAN UNTUK ORANG PINGGIRAN***SRIKANDI GNP DIVISI HONG KONG SABET JUARA 3 DALAM LOMBA MARS KEBANGSAAN***STOP PRESS AKAN DILAKUKAN BAGI ANGGOTA DARI MEDIA ONLINE SURYAJAGAD.NET YANG TIDAK AKTIF***
Home » » Mahasiswa IKIP PGRI MADIUN Meneliti Pengembangan Handout Pembelajaran Fisika

Mahasiswa IKIP PGRI MADIUN Meneliti Pengembangan Handout Pembelajaran Fisika

Written By Byaz Surya Djagad on Kamis, 04 Juli 2013 | 07.15


Ngawi - Sekelompok mahasiswa dan mahasiswi dari IKIP PGRI Madiun, mengadakan KKN (kuliah kerja nyata).  Penelitian dalam memenuhi tugas akhir yaitu skripsi. Telah dilakukan penelitian yang berjudul " Pengembangan Handout Pembelajaran Fisika Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Bermuatan Pendidikan Karakter Pada Pokok Bahasan Kalor ". Tujuannya adalah untuk menghasilkan handout pembelajaran fisika. Berbasis pendekatan konstruktivisme, bermuatan pendidikan karakter dan mengetahui kualitasnya.

Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kwadungan kelas VII semester genap 2013. Penelitian dilakukan dari bulan April sampai dengan bulan Juni 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan 4D. Penelitian menggunakan 65 siswa SMP Negeri 1 Kwadungan sebagai responden, 3 pakar materi sebagai acuan kelayakan produk.

Hasil penelitian menunjukan bahwa, dihasilkan handout pembelajaran fisika berbasis pendekatan konstruktivisme.  Kualitas handout pembelajaran fisika berbasis pendekatan konstruktivisme. Bermuatan pendidikan karakter pada pokok bahasan kalor adalah layak digunakan. Kualitas handout berdasarkan uji kelompok kecil 47,25% sanggat layak dan 52,75% layak, 0% kurang layak dan 0% tidak layak. Kualitas handout berdasarkan uji lapangan 60,07% sanggat layak dan 39,93% layak, 0% kurang layak dan 0% tidak layak.

Penelitian yang di lakukan oleh  Aning Dyah Ayu Candra Dewi
Fauziah, S.Pd, Sri Sundari, S.Pd Erawan Kurniadi, S.Si., M.Pd berlangsung sangat akrab melalui pendekatan dan kebersamaan di antara para siswa SMP Negeri 1 Kwadungan Kabupaten Ngawi Kelas VII semester genap 2013 sehingga menghasilkan hasil yang sangat maksimal sesuai yang di butuhkan dalam tugas akhir skripsinya. (Ayu)




           Redaksi@Suryajagad.com
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Penerbit: PT CAKRA BUANA RAYA, Kep.Kemenkumham RI No: AHU-0067169.AH.01.09 TH 2009
Copyright © 2011. Byaz Surya Djagad - Inovatif Dan Kooperatif - All Rights Reserved
Template MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
Proudly powered by Byaz Surya Djagad