***BEDAH TUNTAS BUDIDAYA AGROBISNIS SEMUT RANG-RANG MSB***BERSINERGINYA GNP DENGAN MSB TEBAR KEBAHAGAIAN UNTUK ORANG PINGGIRAN***SRIKANDI GNP DIVISI HONG KONG SABET JUARA 3 DALAM LOMBA MARS KEBANGSAAN***STOP PRESS AKAN DILAKUKAN BAGI ANGGOTA DARI MEDIA ONLINE SURYAJAGAD.NET YANG TIDAK AKTIF***
Home » » Manfaat Dan Khasiat Ubi Jalar Ungu

Manfaat Dan Khasiat Ubi Jalar Ungu

Written By Byaz.As on Rabu, 30 Oktober 2013 | 23.00

Ngawi - Sering dan begitu mudahnya untuk menemukan jenis ubi jalar ungu ini di sekitar kita namun pastinya tidak terpikirkan untuk manfaat serta kandungan yang ada di dalamnya untuk kesehatan bagi tubuh kita, malah sering menganggap tanaman ini sebagai makanan kampungan atau ndeso. Sebenarnya makanan yang dianggap ndeso ini memiliki kandungan yang sangat bermanfaat   bagi kesehatan tubuh bahkan lebih baik jika dibanding makanan modern.
Ubi jalar ini memiliki nama latin Ipomea batatas poiret memiliki Kandungan ubi jalar ungu memang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis ubi yang lain, yakni dari 100 gr ubi ungu mengandung vitamin A kurang lebih 7.700 mg mengalahkan kandungan vitamin A pada buah tomat dan bit.

Kandungan ubi jalar ungu yang lain di antaranya Zn, K, Mg, Cu, lisin, vitamin C, B1, mineral, lemak, protein, serat kasar, dan juga termasuk sumber karbohidrat tinggi. Adapun khasiat ubi jalar ungu bagi kesehatan antara lain sebagai berikut:

1. Melancarkan aliran darah
Zat antosianin (pigmen warna ungu) pada ubi jalar ungu ini merupakan zat anti-oksidan yang mampu menyerap polusi udara, serta mampu menghambat pembekuan darah sehingga aliran darah menjadi lancar.

2. Mencegah kanker
Kandungan betakaroten, vitamin C, dan E dapat berfungsi sebagai anti-oksidan yang mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dan berbagai penyakit kardiovaskuler.

3. Melancarkan pencernaan
Serat dan pektin yang ada dalam ubi jalar ungu ini mampu melancarkan pencernaan sehingga gangguan pencernaan seperti sembelit dan wasir bisa diatasi.

4. Anti-oksidan
Antosianin pada ubi jalar ungu ini juga memiliki fungsi sebagai anti-oksidan, anti-kanker, anti-bakteri, serta melindungi terhadap kerusakan hati, serangan stroke, hingga penyakit jantung.

5. Anti-kanker
Zat selenium dan iodin dalam ubi jalar ungu 20 kali lebih tinggi dari ubi lain sehingga bisa menjadi sel anti-kanker.

6. Anti-bakteri
Aktivitas anti-bakteri dalam ubi jalar ungu 3,2 kali lebih tinggi dibanding berbagai varietas blueberry.

7. Sumber karbohidrat
Kandungan karbohidrat yang tinggi dalam ubi jalar ungu ini bisa dijadikan alternatif sebagai pengganti nasi. Selain itu warna ungu ubi ini juga bisa dijadikan pewarna alami makanan.


Sebenarnya kandungan gizi ubi jalar lebih banyak daripada beras. Ubi jalar lebih kaya serat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Sebaliknya beras sangat kurang kandungan seratnya yang akan memicu kegemukan dan peningkatan kadar gula (Byaz)


Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Penerbit: PT CAKRA BUANA RAYA, Kep.Kemenkumham RI No: AHU-0067169.AH.01.09 TH 2009
Copyright © 2011. Byaz Surya Djagad - Inovatif Dan Kooperatif - All Rights Reserved
Template MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
Proudly powered by Byaz Surya Djagad