***BEDAH TUNTAS BUDIDAYA AGROBISNIS SEMUT RANG-RANG MSB***BERSINERGINYA GNP DENGAN MSB TEBAR KEBAHAGAIAN UNTUK ORANG PINGGIRAN***SRIKANDI GNP DIVISI HONG KONG SABET JUARA 3 DALAM LOMBA MARS KEBANGSAAN***STOP PRESS AKAN DILAKUKAN BAGI ANGGOTA DARI MEDIA ONLINE SURYAJAGAD.NET YANG TIDAK AKTIF***
Home » » Mengoptimalkan Kinerja Otak Kanan Dan Kiri

Mengoptimalkan Kinerja Otak Kanan Dan Kiri

Written By Byaz.As on Jumat, 29 November 2013 | 10.00

Suryajagad.Net - Pernah dengar otak kanan, ketika kita bekerja atau melakukan sesuatu selalu di kontrol oleh otak, yaitu otak kanan dan otak kiri. Otak kiri mengendalikan manusia berpikir secara sistematis dan cendrung linear, sementara otak kanan berpikir cendrung literal dan tidak sistematis.

 Manusia kebanyakan adalah makhluk yang menganut aliran kiri, artinya kebanyakan manusia dominan menggunakan otak kiri yang berhubungan dengan bahasa, logika, dan simbol simbol dan diarahkan pada pemikiran linear dan vertikal. 

Hanya sebahagian kecil manusia yang dominan menggunakan otak kanannya, yaitu yang berhubungan dengan fungsi-fungsi emosi, intuitif, dan spasial serta bekerja berdasarkan kaleidoskop dan berpikir lateral (mempertimbangkan masalah dari semua sisi dan sampai pada hal yang berbeda) merupakan bagian otak yang berperan penting dalam kreatifitas.

Otak kanan membuat manusia berpikir kreatif dan cendrung inovatif, makanya orang yang dominan menggunakan otak kanannya mereka akan cendrung kreatif dan inovatif. Karena otak kanan akan menghasilkan pemikiran-pemikiran yang tidak konvensional, tidak sistematis, dan tidak terstruktur. 

Hal ini tidak berarti hasil pemikiran otak kanan merupakan sesuatu yang sembarangan, namun hasil pemikiran otak kanan berkaitan dengan sesuatu yang baru, yang tidak biasa, dan berbeda dari apa yang ada sebelumnya.

Salah satu cara melatih otak kanan adalah dengan bertanya, menentang kebiasaan, rutinitas, dan tradisi. melatih otak kanan dengan memainkan permainan-permainan mental, berusaha melihat masalah dari berbagai sudut pandang.Melihat kesalahan dan kegagalan sebagai modal dan langkah awal untuk memperoleh keberhasilan.

Menghubungkan ide-ide yang tidak berhubungan untuk menemukan solusi yang baru dan inovatif, memiliki “keteramplian seperti helicopter” yaitu melihat dari atas dan menyeluruh terhadap berbagai hal rutin yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan kemudian mengambil keputusan yang sesuai dengan masalah yang dihadapi dan harus menyadari bahwa ada lebih dari 1 jawaban yang benar serta melihat masalah sebagai batu loncatan untuk menemukan ide-ide baru.

Dengan kemampuan otak kanan kita akan mampu masuk dalam dunia apapun, kita akan bisa menjelajah kemana-mana dengan imajinasi, tetapi otak kiri akan selalu berpikir sistematis dan berpindah dari fase ke fase yang lainnya. Dengan kata lain, menggunakan otak kiri anda akan bisa menjelajah dari A ke B dan seterusnya secara sistematis, Tetapi dengan Otak kanan anda bisa menjelajah kemana saja tanpa di batasi ruang.( Byaz )

                 Redaksi@Suryajagad.Net


    Share this article :
    Comments
    0 Comments

    Posting Komentar

     
    Penerbit: PT CAKRA BUANA RAYA, Kep.Kemenkumham RI No: AHU-0067169.AH.01.09 TH 2009
    Copyright © 2011. Byaz Surya Djagad - Inovatif Dan Kooperatif - All Rights Reserved
    Template MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
    Proudly powered by Byaz Surya Djagad