***BEDAH TUNTAS BUDIDAYA AGROBISNIS SEMUT RANG-RANG MSB***BERSINERGINYA GNP DENGAN MSB TEBAR KEBAHAGAIAN UNTUK ORANG PINGGIRAN***SRIKANDI GNP DIVISI HONG KONG SABET JUARA 3 DALAM LOMBA MARS KEBANGSAAN***STOP PRESS AKAN DILAKUKAN BAGI ANGGOTA DARI MEDIA ONLINE SURYAJAGAD.NET YANG TIDAK AKTIF***
Home » » Permainan Tradisional Menumbuhkan Imajinasi Anak

Permainan Tradisional Menumbuhkan Imajinasi Anak

Written By Byaz.As on Minggu, 22 Desember 2013 | 06.00

Suryajagad.com Tuban - Ujian akhir sekolah atau yang biasa disebut dengan UAS telah berakhir sejak beberapa hari yang lalu dan untuk penyegaran otak setelah berkutat dengan ulangan selama hampir satu minggu lamanya tersebut, guru olahraga SDN Rengel V Gitono S.Pd dengan dibantu oleh guru lainnya mengadakan perlombaan Renang ,Joged dan lomba permainan tradisional gobag sodor (21/12/2013)

Gobak sodor adalah jenis permainan daerah yang hanya ada di Indonesia. Permainan dilakukan dengan model sistem grup yang dibagi dalam dua grup. Masing-Masing grup terdiri dari 3-5 orang.

Inti dalam permainan ini adalah menghadang lawan agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik, dan untuk meraih kemenangan seluruh anggota grup harus secara lengkap melakukan proses bolak-balik dalam area lapangan yang telah ditentukan. permainan ini sangat mengasyikan dan bisa untuk melatih ketangkasan, strategi, kecepatan, dan kecerdikan.



Dalam acara ini anak-anak SDN Rengel sangat antusias memainkannya. Kemeriahan dalam permainan ini juga untuk mengenalkan kembali permainan tradisional Indonesia. Sebab sekarang ini yang memainkan permainan ini sangat jarang ditemui, bahkan anak-anak sekarang juga jarang terlihat memainkannya. 

Prakarsa lomba permainan tradisional yang di ketuai guru olahraga tersebut menjelaskan ke media ini, Bahwasanya acara lomba permainan tradisional Gobak Sodor ini untuk mengenalkan kembali ke anak-anak permainan tradisional yang mulai tergeser  dengan permainan modern.

Kata ragnarok, doom, redneck rampage, quake, mario, dan berbagai istilah lain yang terasa asing dan kering di telinga orang dewasa sekarang justru “membasahi” jiwa anak-anak Indonesia.
Anak-anak tersebut ketagihan main play station (PS) dan aplikasi game di ponsel pintar dan tablet. Tidak terbayang bagaimana kemudian imajinasi anak-anak dipenuhi adegan kekerasan, individualistis, serta agresivitas untuk mematikan lawan mainnya.

“ Lomba permainan tradisional Gobak Sodor ini sering kami lakukan setelah UAS maupun dalam pelajaran olahraga,di samping ingin membuat rilex anak-anak setelah menghadapi UAS juga mengenalkan ke mereka untuk melestarikan permainan tradisional agar imajinasi anak-anak tidak dipenuhi dengan adegan kekerasan ,” Jelas Gitono.

Sementara itu disela waktu istirahat permainan Gobak sodor siswi  kelas 6 SDN Rengel tersebut sangat senang dan menikmati permainan ini. “ Saya sangat Senang sekali mengikuti lomba permainan Gobak Sodor dan berharap acara seperti ini sering di lakukan," Tutur Cindi . ( Any )

             Redaksi@Suryajagad.Com
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Penerbit: PT CAKRA BUANA RAYA, Kep.Kemenkumham RI No: AHU-0067169.AH.01.09 TH 2009
Copyright © 2011. Byaz Surya Djagad - Inovatif Dan Kooperatif - All Rights Reserved
Template MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
Proudly powered by Byaz Surya Djagad