***BEDAH TUNTAS BUDIDAYA AGROBISNIS SEMUT RANG-RANG MSB***BERSINERGINYA GNP DENGAN MSB TEBAR KEBAHAGAIAN UNTUK ORANG PINGGIRAN***SRIKANDI GNP DIVISI HONG KONG SABET JUARA 3 DALAM LOMBA MARS KEBANGSAAN***STOP PRESS AKAN DILAKUKAN BAGI ANGGOTA DARI MEDIA ONLINE SURYAJAGAD.NET YANG TIDAK AKTIF***
Home » , » Wisata Religi Pesanggrahan Srigati

Wisata Religi Pesanggrahan Srigati

Written By Byaz.As on Jumat, 28 Maret 2014 | 07.00


Suryajagad.Net - Siapkan mental dan nyali anda bila ingin mengunjungi tempat wisata yang terletak di Desa Babadan Paron, sekitar 12 kilometer arah barat Kota Ngawi, Jawa Timur. sesuai namanya, konon Pesanggrahan Srigati Alas Ketonggo adalah tempat peristirahatan Raja Brawijaya, Kerajaan Majapahit. Konon Presiden Sukarno pun kerap bertapa di tempat yang diyakini sebagai pusat keraton lelembut atau mahluk halus itu.

Di Pesanggrahan Srigati alas Ketonggo, terdapat beberapa lokasi yang diyakini kramat yaitu Selodakan, Sendang Drajat,Palenggahan atau tempat bersemedi Agung Srigati, dan Palenggahan Sukarno. Selain itu, ada juga tempat pemandian Sendang Tempuran Silogonggo.

Pesanggrahan Srigati Alas Ketonggo ini, Konon dulunya adalah tempat peristirahatan Prabu Brawijaya V setelah lari dari kerajaan Majapahit karena kerajaan diserbu oleh bala tentara Demak dibawah pimpinan Raden Patah.

Dalam perjalananya ke Gunung Lawu, Prabu Brawijaya V melepas semua tanda kebesaran kerajaan (jubah, mahkota, dan semua benda Pusaka) di pesanggrahan Srigati, namun kesemuanya raib atau mukso.

Di dalam Alas Ketonggo ini terdapat berbagai benda-benda yang secara simbolik melambangkan kebesaran Kerajaan Majapahit, baik berupa mahkota raja, tombak pusaka, gong, dan lain-lainnya.

Obyek wisata spiritual Alas Ketonggo konon sebagian masyarakat yang menganggap Alas Ketonggo sebagai pusat keraton lelembut atau makhluk halus, dikukuhkan dengan banyaknya tempat-tempat pertapaan yang mistik dan sakral.

Di Alas Ketonggo terdapat lebih dari 10 tempat pertapaan. Mulai dari Pesanggrahan Agung Srigati, Pundhen Watu Dhakon, Pundhen Tugu Mas, Umbul Jambe, Pundhen Siti Hinggil, Kali Tempur Sedalem, Sendang Drajat, Sendang Panguripan, Sendang Mintowiji, Kori Gapit, dan Pesanggrahan Soekarno.

Bila anda penasaran datang dan kunjungi wisata religi pesanggrahan Srigati Alas Ketonggo, anda akan dimanjakan dengan suasana keasrian alam yang sangat exsotis serta menawan. (Byaz)

 SILAHKAN LIHAT TAYANGAN LIVE DARI ALAS KETONGGO ( KLIK DI SINI )


 
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Penerbit: PT CAKRA BUANA RAYA, Kep.Kemenkumham RI No: AHU-0067169.AH.01.09 TH 2009
Copyright © 2011. Byaz Surya Djagad - Inovatif Dan Kooperatif - All Rights Reserved
Template MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
Proudly powered by Byaz Surya Djagad