***BEDAH TUNTAS BUDIDAYA AGROBISNIS SEMUT RANG-RANG MSB***BERSINERGINYA GNP DENGAN MSB TEBAR KEBAHAGAIAN UNTUK ORANG PINGGIRAN***SRIKANDI GNP DIVISI HONG KONG SABET JUARA 3 DALAM LOMBA MARS KEBANGSAAN***STOP PRESS AKAN DILAKUKAN BAGI ANGGOTA DARI MEDIA ONLINE SURYAJAGAD.NET YANG TIDAK AKTIF***
Home » » Hujan Dan Petir Tengah Malam Mengakibatkan Sungai Banjaransari Meluap

Hujan Dan Petir Tengah Malam Mengakibatkan Sungai Banjaransari Meluap

Written By Byaz.As on Minggu, 09 Maret 2014 | 23.00

Suryajagad.com – Lebatnya curah hujan yang disertai dengan gemuruh petir terjadi  di wilayah Kabupaten Ngawi tepatnya di sekitar kecamatan padas pada Sabtu malam (8/3/2014) pukul 17:58 Wib sampai tengah malam dan mengakibatkan aliran sungai Banjaransari meluap. Meskipun tidak menimbulkan kerugian yang berarti di karenakan seluruh areal persawahan milik warga sekitar aliran sungai tersebut sudah selesai dipanen, namun terjadinya hujan pada malam hari yang disertai gemuruh petir yang menggelegar bersaut-sautan mengakibatkan warga ketakutan (KLIK VIDEONYA DI SINI )

Tingginya curah hujan yang disertai petir sudah terjadi dua hari ini disekitar wilayah Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi. Petir merupakan gejala alam yang biasanya muncul pada musim hujan dimana di langit muncul kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan dan beberapa saat kemudian disusul oleh suara yang menggelegar.

Terdapat beberapa definisi dari petir, antara lain:
  1. Fenomena alam yang merupakan Pelepasan muatan elektrostatis yang berasal dari badai guntur
  2. Pelepasan muatan ini disertai dengan pancaran cahaya dan radiasi elektromagnetik lainnya
  3. Arus listrik yang melewati saluran pelepasan muatan tadi dengan cepat memanaskan udara dan berkembang sebagai plasma yang menimbulkan gelombang bunyi yang bergetar di atmosfir.
Pelepasan Muatan Elektrostatis arus listrik yang mengalir tiba tiba dan sangat cepat karena adanya kelebihan muatan listrik yang tersimpan pada sebuah benda yang isolator ke benda yang berbeda potensial , misalnya tanah.

Dalam kutipan Surya.co.id di jelaskan untuk sebagian besar wilayah Jawa Timur pada bulan Maret 2014 diperakirakan memasuki musim penghujan.

Hal ini menyebabkan keadaan cuaca di beberapa daerah Jawa Timur untuk 4 (empat) hari  kedepan umumnya hujan ringan hingga lebat, perlu diwaspadai angin kencang. Angin umumnya dari arah Barat Daya - Utara dengan kecepatan 05 -40 km/jam. Suhu udara berkisar antara 18 - 33 C.

Wilayah Jawa Timur Daerah Madura dan Bawean (Bangkalan, Sampang, Pamekasan, , Sumenep dan Bawean) Cuaca umumnya Hujan Sedang hingga Lebat.

Wilayah Jawa Timur  daerah Utara dan Utara Tengah ( Tuban, Lamongan, Gresik, Surabaya, Sidoarjo , Pasuruan, Probolinggo dan Situbondo) Cuaca umumnya Hujan Sedang hingga Lebat.

Wilayah Jawa Timur Daerah Tengah ( Magetan, Madiun, Ponorogo, Ngawi, Bojonegoro, Nganjuk, Kediri, Jombang, Mojokerto dan Bondowoso) Cuaca umumnya Hujan Sedang hingga Lebat.

Wilayah Jawa Timur Daerah Selatan dan Selatan Tengah ( Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang, Lumajang, Jember dan Banyuwangi) Cuaca umumnya Hujan Sedang hingga Lebat.(Byaz)

SILAHKAN TONTON LIVE VIDEONYA (KLIK DI SINI)

Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Penerbit: PT CAKRA BUANA RAYA, Kep.Kemenkumham RI No: AHU-0067169.AH.01.09 TH 2009
Copyright © 2011. Byaz Surya Djagad - Inovatif Dan Kooperatif - All Rights Reserved
Template MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
Proudly powered by Byaz Surya Djagad