***BEDAH TUNTAS BUDIDAYA AGROBISNIS SEMUT RANG-RANG MSB***BERSINERGINYA GNP DENGAN MSB TEBAR KEBAHAGAIAN UNTUK ORANG PINGGIRAN***SRIKANDI GNP DIVISI HONG KONG SABET JUARA 3 DALAM LOMBA MARS KEBANGSAAN***STOP PRESS AKAN DILAKUKAN BAGI ANGGOTA DARI MEDIA ONLINE SURYAJAGAD.NET YANG TIDAK AKTIF***
Home » » Kesalahan Sahur Pemicu Tubuh Lemas Saat Puasa

Kesalahan Sahur Pemicu Tubuh Lemas Saat Puasa

Written By Byaz.As on Senin, 07 Juli 2014 | 08.00


Suryajagad.Net - Puasa sering menjadi alasan turunnya produktivitas. Pekerja jadi lemas, malas, dan mengantuk. Konsentrasi pun menguap entah ke mana. Inginnya segera jam bekerja segera berakhir. Saat puasa, tubuh memang tidak mengonsumsi apapun selama lebih dari 12 jam. Namun bukan berarti boleh bermalas-malasan sampai waktu berbuka tiba. Jika tubuh lemas, mungkin makan sahurnya yang salah.
 
Berikut kesalahan yang mungkin dilakukan saat sahur.

Jangan konsumsi banyak karbohidrat saat sahur. Sebaiknya, sahur dengan makanan berprotein tinggi. Tubuh butuh itu untuk menjaga energi sekaligus kadar gula darah. Telur, kacang-kacangan, dan susu kedelai bisa menjadi menu pilihan.

Porsi Sesuaikan porsi dengan kebutuhan lambung dan tubuh. Jangan terlalu banyak, juga jangan terlalu sedikit. Terlalu banyak bisa membuat tubuh cepat mengantuk. Sedang terlalu sedikit, atau bahkan tidak sahur sama sekali, membuat gula darah drop dan kinerja tubuh menurun. Adrenal akan meminta kortisol lebih. Jika kortisol kritis, merasa gelisah dan kelelahan.

Alergi Alergi makanan tidak selalu diindikasikan melalui gatal, ruam, atau timbulnya jerawat. Kadang ada makanan yang menimbulkan gas di dalam perut, nyeri sendi, atau bahkan menurunkan energi. Energi gluten misalnya, bisa menyebabkan kembung, migrain, kelelahan, dan kelainan autoimun bagi sebagian orang. Susu pun bisa mengakibatkan masalah pencernaan dan penurunan energi.

Mengonsumsi gula saat sahur bukan meningkatkan energi sepanjang hari namun sebaliknya selain bisa menimbun lemak dan menyebabkan diabetes, gula justru bisa menyebabkan penurunan besar energi. Serat dan protein lebih bisa menjaga energi lebih lama. Lengkapi dengan almond atau apel. Mampu membuat kenyang lebih lama dan juga akan membantu agar lebih fokus serta waspada tidak mudah lemas.(Byaz)

Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Penerbit: PT CAKRA BUANA RAYA, Kep.Kemenkumham RI No: AHU-0067169.AH.01.09 TH 2009
Copyright © 2011. Byaz Surya Djagad - Inovatif Dan Kooperatif - All Rights Reserved
Template MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
Proudly powered by Byaz Surya Djagad