***BEDAH TUNTAS BUDIDAYA AGROBISNIS SEMUT RANG-RANG MSB***BERSINERGINYA GNP DENGAN MSB TEBAR KEBAHAGAIAN UNTUK ORANG PINGGIRAN***SRIKANDI GNP DIVISI HONG KONG SABET JUARA 3 DALAM LOMBA MARS KEBANGSAAN***STOP PRESS AKAN DILAKUKAN BAGI ANGGOTA DARI MEDIA ONLINE SURYAJAGAD.NET YANG TIDAK AKTIF***
Home » » Semut Diseberang Lautan Kelihatan, Gajah Di Pelupuk Mata Tak Tampak

Semut Diseberang Lautan Kelihatan, Gajah Di Pelupuk Mata Tak Tampak

Written By Byaz.As on Selasa, 15 Juli 2014 | 21.00

Suryajagad.Net - Di negeri ini banyak sekali pepatah-pepatah bijak yang dapat kita jadikan pelajaran dalam kita meniti kehidupan. Mengurai sedikit tentang peribahasa Indonesia .

"Semut di seberang lautan tampak, gajah di pelupuk mata tak tampak,''. 

Semut adalah binatang kecil sebangsa serangga yang hidup berkoloni sedangkan gajah adalah binatang besar yang mempunyai belali panjang.

Peribahasa ''Semut di seberang lautan tampak, gajah di pelupuk mata tak tampak,'' mengandung arti bahwa kesalahan diri sendiri tidak terlihat, kesalahan orang lain terlihat. Terkadang orang hanya suka mengkritik, mencemooh dan menjelek-jelekan orang lain tanpa berkaca kepada dirinya sendiri, seolah olah dirinyalah yang sempurna, suci dan merasa tidak pernah punya salah.

Semut yang notabene hanya binatang kecil dilihat dari seberang lautan saja jelas keliatan ini mengandung arti kesalahan orang sekecil apapun dapat dilihat sedangkan gajah binatang yang badannya sangat besar tak tampak dipelupuk mata meski berada didepannya. Memang mudah untuk mencari kesalahan dan kekurangan orang lain, tetapi untuk mencari kesalahan dan kekurangan yang dimiliki itu tidak gampang.

Untuk itu sudah seharusnya lah kita berkaca pada diri kita sendiri, apakah kita ini sudah benar-benar bersih, suci, sempurna dan lebih baik dari orang lain...??? 

Kalau belum tentunya kita tak perlu mencemooh dan menjelek-jelekan orang lain. Belum tentu orang lain itu lebih baik dari kita meski orang lain tersebut pernah berbuat suatu kesalahan.. Lebih baik kita introfeksi diri dan berbuat kebaikan untuk diri kita sendiri dan sesama manusia, itu akan lebih baik mulia.(Byaz)
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Penerbit: PT CAKRA BUANA RAYA, Kep.Kemenkumham RI No: AHU-0067169.AH.01.09 TH 2009
Copyright © 2011. Byaz Surya Djagad - Inovatif Dan Kooperatif - All Rights Reserved
Template MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
Proudly powered by Byaz Surya Djagad