***BEDAH TUNTAS BUDIDAYA AGROBISNIS SEMUT RANG-RANG MSB***BERSINERGINYA GNP DENGAN MSB TEBAR KEBAHAGAIAN UNTUK ORANG PINGGIRAN***SRIKANDI GNP DIVISI HONG KONG SABET JUARA 3 DALAM LOMBA MARS KEBANGSAAN***STOP PRESS AKAN DILAKUKAN BAGI ANGGOTA DARI MEDIA ONLINE SURYAJAGAD.NET YANG TIDAK AKTIF***
Home » » Biaya Nikah Gratis Di KUA

Biaya Nikah Gratis Di KUA

Written By Byaz.As on Jumat, 01 Agustus 2014 | 21.00

Suryajagad.Net - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menandatangani dan mengesahkan draf Revisi Peraturan Pemerintah (RPP) nomor 47 tahun 2004 menjadi PP nomor 48 tahun 2014. Selanjutnya, Sekretaris Negara (Sesneg) akan melakukan proses pendistribusian PP Tarif Nikah tersebut sehingga bisa diimplementasikan di masyarakat se-Indonesi.

Kendatipun belum adanya juklak dan juknis tentang biaya nikah,  namun dengan keluarnya Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2014 tentang perubahan atas PP Nomor 47 Tahun 2004 mengenai tarif jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) perihal biaya pelayanan pencacatan nikah dan rujuk maka sejak tanggal 10 Juli 2014 sudah mulai diberlakukan. 

Kepala Desa Banjaransari Agus Widodo menjelaskan biaya pernikahan gratis pada saat gelaran acara halal bihalal di Balai Desa (28/07/2014) 

“ Berdasarkan PP Nomor 48 tahun 2014, biaya nikah dilaksanakan di KUA gratis pencatatannya namun apabila dilakukan di luar kantor maka dikenakan biaya 600 ribu rupiah dan berlaku surut sejak tanggal 10 Juli 2014,” jelasnya.

Ditambahkan, apabila sejak tanggal 10 Juli terjadi peristiwa nikah di luar kantor KUA, maka kekurangan biaya sebanyak 570 ribu rupiah per satu peristiwa nikah yang selama ini cuma disetor ke negara hanya sebanyak 30 ribu rupiah agar dimintakan kembali kepada catin dimaksud, kalau tidak, maka dipersilahkan kepala KUA untuk menggantinya,”tegasnya.

Adapun terhadap warga negara yang tidak mampu secara ekonomi dan/atau korban bencana yang melaksanakan nikah atau rujuk di luar Kantor Urusan Agama Kecamatan, menurut PP ini, dapat dikenakan tarif Rp 0 (nol rupiah).(Byaz)
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Penerbit: PT CAKRA BUANA RAYA, Kep.Kemenkumham RI No: AHU-0067169.AH.01.09 TH 2009
Copyright © 2011. Byaz Surya Djagad - Inovatif Dan Kooperatif - All Rights Reserved
Template MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
Proudly powered by Byaz Surya Djagad