***BEDAH TUNTAS BUDIDAYA AGROBISNIS SEMUT RANG-RANG MSB***BERSINERGINYA GNP DENGAN MSB TEBAR KEBAHAGAIAN UNTUK ORANG PINGGIRAN***SRIKANDI GNP DIVISI HONG KONG SABET JUARA 3 DALAM LOMBA MARS KEBANGSAAN***STOP PRESS AKAN DILAKUKAN BAGI ANGGOTA DARI MEDIA ONLINE SURYAJAGAD.NET YANG TIDAK AKTIF***
Home » » BBM Diturunkan Harga Pangan Tetap Bertahan

BBM Diturunkan Harga Pangan Tetap Bertahan

Written By Byaz.As on Minggu, 18 Januari 2015 | 21.00


Suryajagad.Net - Meskipun Pemerintah kembali menurunkan harga bahan bakar minyak premium dari Rp7.600 menjadi Rp6.600 per liter. Harga itu akan berlaku pada Senin (19/01/2015) dini hari. Namun, penurunan ini tidak akan berdampak pada penurunan harga pangan yang sudah terlanjur naik.

Penurunan tersebut diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, pada Jumat (16/01) siang. Sebelumnya, pada awal tahun, pemerintah juga telah menurunkan harga premium dari Rp8.500 menjadi Rp7.600 per liter. Selain premium, penurunan juga terjadi pada bahan bakar solar yang berubah dari Rp7.250 per liter menjadi Rp6.400 per liter.Dikutip dari Bbc.co.uk (17/01/2015)

Penurunan harga BBM ini merupakan dampak dari sistem subsidi tetap mulai diterapkan pemerintah. Rendahnya harga minyak dunia membuat subsidi permium dihapus dan solar hanya disubsidi Rp1.000 per liter.

Sementara itu menurut Kepala Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Universitas Indonesia, I Kadek Dian Sutrisna Artha, mengatakan penurunan harga bahan bakar minyak ini tidak akan membuat harga pangan dan transportasi ikut turun.

“Sekali harga meningkat karena kenaikan bahan bakar minyak, harga itu tidak akan turun ketika tarif bahan bakar minyak menurun. Itu yang disebut kekakuan harga atauprice rigidity, penurunan harga bahan minyak juga tidak akan menyumbang pada penurunan inflasi. ,” ujar Kadek. (Byaz)
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Penerbit: PT CAKRA BUANA RAYA, Kep.Kemenkumham RI No: AHU-0067169.AH.01.09 TH 2009
Copyright © 2011. Byaz Surya Djagad - Inovatif Dan Kooperatif - All Rights Reserved
Template MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
Proudly powered by Byaz Surya Djagad