***BEDAH TUNTAS BUDIDAYA AGROBISNIS SEMUT RANG-RANG MSB***BERSINERGINYA GNP DENGAN MSB TEBAR KEBAHAGAIAN UNTUK ORANG PINGGIRAN***SRIKANDI GNP DIVISI HONG KONG SABET JUARA 3 DALAM LOMBA MARS KEBANGSAAN***STOP PRESS AKAN DILAKUKAN BAGI ANGGOTA DARI MEDIA ONLINE SURYAJAGAD.NET YANG TIDAK AKTIF***
Home » » Bunga Sepatu Menyembuhkan Demam

Bunga Sepatu Menyembuhkan Demam

Written By Byaz.As on Selasa, 27 Januari 2015 | 23.00

Suryajagad.Net - Di musim hujan, banyak orang yang terserang demam. Seseorang dikatakan demam jika suhu tubuh di atas suhu normal, 36-37 derajat Celsius. Untuk mengobati demam selama ini banyak orang lebih mengandalkan obat kimia seperti obat golongan parasetamol, asam salisilat, ibuprofen dan lain-lain. Bahan alami seperti daun kembang sepatu juga bisa menurunkan demam.

Daun kembang sepatu mengandung flavonoida, saponin, polifenol, minyak atsiri, kalsium oksalat, peroksidase, lemak dan protein. Kandungan-kandungan tersebut dapat meresap panas dan menurunkan panas akibat demam. Tak hanya untuk demam, daun kembang sepatu juga bisa membantu mengatasi bronchitis, haid tidak teratur, sariawan, batuk dan gondok.

Memanfaatkan daun kembang sepatu untuk menurunkan demam. Sebaiknya penggunaannya dikombinasikan agar hasilnya lebih baik.
Merebus 2-3 lembar daun kembang sepatu dengan 3 gelas air selama 15 menit. Air rebusan disaring, lalu diminum 3 kali sehari setelah makan pagi, siang dan malam hingga demam turun.

Membuat masker kompres, yaitu 5-7 lembar daun kembang sepatu diremas-remas hingga lemas, lalu ditumbuk hingga halus. Ditambahkan beberapa tetes air jeruk nipis dan diaduk hingga meratas. Lalu dioleskan ke dahi selama 15 menit. Gunakan hingga demam turun.

Jika demamnya tidak terlalu tinggi, sekitar 37-41 derajat Celcius, maka dalam waktu 1-3 hari demam akan turun. Cara ini termasuk aman dilakukan. Namun, bagi penderita lambung sebaiknya tidak minum air rebusan kembang sepatu karena bisa menyebabkan lambung perih. Sementara masker daun kembang sepatu tidak dianjurkan bagi mereka yang alergi dengan daun kembang sepatu karena bisa sebabkan iritasi dan gatal-gatal.

Sumber : Fatsnewsindonesia.com

Editor     : Byaz
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Penerbit: PT CAKRA BUANA RAYA, Kep.Kemenkumham RI No: AHU-0067169.AH.01.09 TH 2009
Copyright © 2011. Byaz Surya Djagad - Inovatif Dan Kooperatif - All Rights Reserved
Template MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
Proudly powered by Byaz Surya Djagad