***BEDAH TUNTAS BUDIDAYA AGROBISNIS SEMUT RANG-RANG MSB***BERSINERGINYA GNP DENGAN MSB TEBAR KEBAHAGAIAN UNTUK ORANG PINGGIRAN***SRIKANDI GNP DIVISI HONG KONG SABET JUARA 3 DALAM LOMBA MARS KEBANGSAAN***STOP PRESS AKAN DILAKUKAN BAGI ANGGOTA DARI MEDIA ONLINE SURYAJAGAD.NET YANG TIDAK AKTIF***
Home » , » Sinepra Brangkal Membangun Karakteristik Gotong Royong

Sinepra Brangkal Membangun Karakteristik Gotong Royong

Written By Byaz.As on Senin, 27 April 2015 | 20.00

Suryajagad.Net – Prinsip gotong royong merupakan salah satu ciri khas atau karakteristik bangsa Indonesia. Namun dewasa ini nilai dan semangat gotong royong mulai luntur. Tergerus sikap individualistis, konsumerisme, semakin menonjolnya sikap materialistis.

Apabila itu semua tidak segera dibendung akan berakibat hilangnya karakteristik bangsa Indonesia, yang menjunjung tinggi semangat gotong royong. Untuk menanggulangi itu semua perlu adanya suatu gerakan mengembalikan semangat kegotong royongan.

Seperti yang dilakukan warga Dusun Brangkal, Desa Banjaransari, Kecamatan Padas, Ngawi. Semangat kegotong royongan masih kental dilakukan. Disaat salah satu warga mempunyai hajatan, secara spontanitas warga lainnya saling bahu-membahu, untuk membantu mensukseskan acara tersebut. Dan itu dilakukan secara bergantian.

Menurut Hardjito (53) Ketua Paguyuban Sinoman Etan Prapatan (Sinepra) Brangkal menuturkan, pentingnya menjaga kekompakan, kebersamaan serta semangat gotong royong dalam membantu tetangga yang kerepotan.

“Berusaha membuang sifat individualistis hidup bertetangga. Melonggarkan waktu untuk membantu tetangga yang mengalami kerepotan. Karena suatu saat kita juga membutuhkan bantuan tetangga,” tuturnya.

Sementara itu menurut pengamat sosial Amin Surya, mengedepankan perilaku gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat harus disosialisasikan. 

"Sebagai bahan perenungan bahwa perilaku gotong royong merupakan sebuah manifestasi dari kepribadian karakteristik bangsa Indonesia dan merupakan budaya yang telah berakar kuat dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat. Secara tidak langsung, perilaku gotong royong yang dimiliki masyarakat Indonesia ini dapat mulai tumbuh dari kita sendiri dan pada akhirnya berpotensi sebagai ekspresi perilaku dari masyarakat Indonesia," terangnya. (Byaz)

SILAHKAN TONTON LIVE SAAT SINEPRA BRANGKAL BERAKSI KLIK DISINI BSDJ TV STREAMING

Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Penerbit: PT CAKRA BUANA RAYA, Kep.Kemenkumham RI No: AHU-0067169.AH.01.09 TH 2009
Copyright © 2011. Byaz Surya Djagad - Inovatif Dan Kooperatif - All Rights Reserved
Template MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
Proudly powered by Byaz Surya Djagad