***BEDAH TUNTAS BUDIDAYA AGROBISNIS SEMUT RANG-RANG MSB***BERSINERGINYA GNP DENGAN MSB TEBAR KEBAHAGAIAN UNTUK ORANG PINGGIRAN***SRIKANDI GNP DIVISI HONG KONG SABET JUARA 3 DALAM LOMBA MARS KEBANGSAAN***STOP PRESS AKAN DILAKUKAN BAGI ANGGOTA DARI MEDIA ONLINE SURYAJAGAD.NET YANG TIDAK AKTIF***
Home » » Manfaat Makan Beralaskan Daun Pisang Bagi Kesehatan

Manfaat Makan Beralaskan Daun Pisang Bagi Kesehatan

Written By Byaz.As on Senin, 04 Januari 2016 | 22.00

Suryajagad.Net - Makan dengan menggunakan daun pisang sebagai piringnya memang sudah menjadi salah satu tradisi.  Dengan beralaskan daun pisang ketika makan bisa memberikan kesan tersendiri pada makanan tersebut, Namun ternyata makan dengan beralaskan daun pisang kaya akan manfaat kesehatan bagi tubuh kita.

Pada daun pisang terdapat polifenol, yaitu merupakan antioksidan yang mempunyai khasiat untuk melawan radikal bebas dan dapat mencegah berbagai jenis penyakit. Dengan cara membungkus makanan dengan menggunakan daun pisang, maka makanan akan menyerap polifenol yang ada pada daun pisang tanpa harus memakan daun pisang tersebut secara langsung. Selain itu daun pisang juga mengandung anti bakteri yang bisa mengurangi resiko akan terkena penyakit. Bersihakan daun pisang sebelum dipakai untuk alas makanan.

Dengan menaruh makanan di atas daun pisang, makanan memiliki aroma khas yang akan membuat selera makan terasa lebih nikmat. Karena pada daun pisang memiliki lapisan seperti lilin dan ketika makanan panas ditempatkan di atasnya, maka lapisan tersebut akan meleleh untuk mengeluarkan aroma yang harum dan sedap.

Menggunakan alas daun pisang bisa terhindar dari bahan kimia. Cukup dengan membilas dengan air tidak perlu menggunakan sabun sebelum menghidangkan makanan diatasnya. Beda lagi apabila makan dengan beralaskan piring. Kita harus lebih teliti saat mencucinya dengan menggunakan sabun. Harus benar-benar bersih saat mencuci dan membilasnya.

Mengemas makanan dengan daun pisang bisa lebih ramah lingkungan, karena ketika daun pisang dijadikan bungkus makanan, apabila sudah tidak terpakai kemudian dibuang, daun pisang bisa terurai oleh tanah dengan baik. Sehingga keasrian lingkungan tetap bisa terjaga dengan baik. Berbeda ketika menggunakan bungkus plastik yang sulit terurai oleh tanah sehingga bisa menjadi limbah dan pencemaran  bagi lingkungan sekitar.

Disamping praktis dan lebih hemat dalam pengeluaran, dengan menggunakan alas daun pisang sebagai piring makanan, bisa memberikan nuansa yang natural serta hidup penuh dengan kesederhanaan.

Sumber : Arbamedia.com

Editor   : Byaz
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Penerbit: PT CAKRA BUANA RAYA, Kep.Kemenkumham RI No: AHU-0067169.AH.01.09 TH 2009
Copyright © 2011. Byaz Surya Djagad - Inovatif Dan Kooperatif - All Rights Reserved
Template MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
Proudly powered by Byaz Surya Djagad