***BEDAH TUNTAS BUDIDAYA AGROBISNIS SEMUT RANG-RANG MSB***BERSINERGINYA GNP DENGAN MSB TEBAR KEBAHAGAIAN UNTUK ORANG PINGGIRAN***SRIKANDI GNP DIVISI HONG KONG SABET JUARA 3 DALAM LOMBA MARS KEBANGSAAN***STOP PRESS AKAN DILAKUKAN BAGI ANGGOTA DARI MEDIA ONLINE SURYAJAGAD.NET YANG TIDAK AKTIF***
Home » » Wisata Kuliner Tepo Kecap Banjaransari

Wisata Kuliner Tepo Kecap Banjaransari

Written By Byaz.As on Sabtu, 03 Oktober 2015 | 06.30

Suryajagad.Net Mengunjungi wilayah Ngawi belum lengkap kalau belum menikmati berbagai macam kuliner asli wilayah bumi Orek-Orek tersebut. Salah satunya kuliner favorit yang digandrungi berbagi kalangan adalah tepo kecap. Makanan ciri khas Ngawi tersebut mirip dengan lontong namun teksturnya lebih lembut. 

Bentuk dari tepo juga berbeda dengan lontong. Apabila lontong cenderung dibungkus dengan daun pisang memanjang, namun kalau tepo dibungkus dengan bentuk segitiga menyerupai piramid.

Apabila anda berkesempatan berkunjung di Ngawi belum lengkap apabila belum mencoba tepo kecap Banjaransari. Meskipun tergolong warung sederhana namun rasa dari tepo kecapnya lain daripada yang lain dan mempunyai ciri khas tersendiri. Terletak 10 km dari kota Ngawi. Depan Kantor Desa Banjaransari, Kecamatan padas, Kabupaten Ngawi.

Menurut Mbah Tayem (52) sapaan akrab penjual tepo kecap Banjaransari menuturkan, sudah puluhan tahun menggeluti usaha berjualan tepo kecap. Warung sederhana miliknya seakan menjadi ruh Desa Banjaransari. Banyak para pengunjung dari luar wilayah Desa tersebut datang untuk mencicipi tepo kecap miliknya.

Menu tepo kecap Banjaransari, rasanya mirip seperti ketoprak atau tahu lontong. Kuliner khas Ngawi ini terdiri dari irisan tahu berbentuk dadu yang digoreng agak kering. Untuk kemudian tahu gorengan itu dicampur dengan kuah yang unik. Terbuat dari campuran kacang tanah goreng, cabai, bawang putih, dan sedikit garam yang digoreng bersama daun jeruk, untuk kemudian digerus bersama air gula dan kecap secukupnya. Namun pada tepo kecap tidak menggunakan petis sebagai bumbu utamanya, melainkan diganti dengan kecap manis.

Rasa manis dan asam begitu kental terasa di lidah saat kita mencicipi kuahnya. Apabila anda sekali merasakan dijamin bikin ketagihan, untuk terus memburu kekhasan dan keunikannya. Apalagi bila ditambahkan kecambah pendek, daun seledri secukupnya. Tambahan daun seledri inilah yang kerap menggugah selera para penikmat tepo kecap. (Byaz)
Share this article :
Comments
1 Comments

+ komentar + 1 komentar

20 Mei 2016 08.55

menarik sekali wisata kuliner tepo kecap banjarsari ini, artikel ini sangat bagus, sangat bermanfaat, terimakasih , anda juga dapat mengunjungi
http://indonesia.gunadarma.ac.id untuk mendapatkan
informasi serupa

Posting Komentar

 
Penerbit: PT CAKRA BUANA RAYA, Kep.Kemenkumham RI No: AHU-0067169.AH.01.09 TH 2009
Copyright © 2011. Byaz Surya Djagad - Inovatif Dan Kooperatif - All Rights Reserved
Template MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
Proudly powered by Byaz Surya Djagad