***BEDAH TUNTAS BUDIDAYA AGROBISNIS SEMUT RANG-RANG MSB***BERSINERGINYA GNP DENGAN MSB TEBAR KEBAHAGAIAN UNTUK ORANG PINGGIRAN***SRIKANDI GNP DIVISI HONG KONG SABET JUARA 3 DALAM LOMBA MARS KEBANGSAAN***STOP PRESS AKAN DILAKUKAN BAGI ANGGOTA DARI MEDIA ONLINE SURYAJAGAD.NET YANG TIDAK AKTIF***
Home » » Gerakan Orang Tua Asuh Dari GNP Membantu Dunia Pendidikan Anak Kurang Mampu

Gerakan Orang Tua Asuh Dari GNP Membantu Dunia Pendidikan Anak Kurang Mampu

Written By Byaz.As on Kamis, 18 Juni 2015 | 23.00

Suryajagad.Net - Dalam ruang lingkup kedermawanan sosial (filantropi) inovasi program menjadi penting untuk diangkat ke permukaan. Jika terlewatkan, motor penggerak tak akan berputar untuk melangkah. Ilustrasi singkat ini juga dideteksi, Gerakan Ngawi Peduli (GNP) untuk mensosialisasikan rasa kepedulaian untuk sesama melalui Gerakan Orang Tua Asuh (GOTA) bagi anak usia sekolah dari golongan keluarga tidak mampu.

Program Gerakan Orang Tua Asuh yang dikembangkan oleh Gerakan Ngawi peduli (GNP) yang ini merupakan langkah maju mendukung kebijakan pemerintah di bidang pendidikan.

Informasi ini diperkuat dengan menipisnya jumlah orang tua asuh dan pola sumbangan masyarakat yang cenderung untuk memilih diantara dua hal yaitu kegiatan keagamaan dan non-keagamaan. Untuk  memadukan keduanya berdasarkan prinsip kepedulian sosial dan tanggung jawab sosial keagamaan.

Dalam kondisi berbeda, bangsa ini menemui banyak persoalan di bidang pendidikan yang menyentuh usia wajib belajar. Pertama, tidak optimalnya lembaga pendidikan formal dalam memberdayakan anak dhuafa hal ini tercermin dari sistem pendidikan yang belum memihak kepada anak yang lemah secara ekonomi.

Kedua: lingkungan keluarga yang tidak mendukung, hal ini dikarenakan masing-masing anggota keluarga berada dalam situasi yang fondasinya lemah sehingga hak-hak dasar anak terabaikan.

Ketiga: kondisi masyarakat yang tidak kondusif, hal ini dikarenakan dampak perubahan globalisasi, sehingga pola komunikasi antara orang dewasa dan anak sangat jauh dari nilai-nilai pendidikan.

Menurut keterangan dari Amin Surya, ketua Gerakan Ngawi Peduli (GNP), salah satu contoh program Gerakan Orang Tua Asuh, diberikan untuk Rima Mauldya Pramesti yang saat ini baru menerima raport kenaikan kelasa 3 disalah satu MTSN Desa Babadan, Kecamatan Pangkur, Ngawi. Dia tergolong dari keluarga yang hidupnya pas-pasan namun memiliki prestasi cemerlang.

“Putri pertama dari empat bersaudara, anak pasangan Kuswanto dan Dyah Palupi, ini memiliki prestasi yang gemilang. Nilainya pun sangat membanggakan. Keterbatasan ekonomi orang tuanya, membuat trenyuh dermawan asal Jakarta. Donatur yang menamakan diri Bunda Risa melalui Gerakan Ngawi Peduli (GNP) menyalurkan bantuan biaya sekolah untuk Rima untuk yang kesekian kalinya,” terang Amin Surya saat ditemui Suryajagad.net di kantor Pusat Gerakan Ngawi Peduli, Rabu (17/06.2015)

Lebih lanjut Amin Surya menambahkan,Meski begitu, ikhtiar mengangkat kembali program Gerakan  Orang Tua Asuh dalam balutan tema Memberi Untuk Negeri merupakan faktor penting dalam setiap perubahan melalui kebajikan yang ditanam walau sekecil apapun. Gerakan Orang Tua Asuh adalah gerakan kepedulian sosial untuk menjamin keberlangsungan pendidikan anak-anak yatim dan pelajar dari keluarga kurang mampu (dhuafa) melalui pola pengasuhan.

Amin Surya memaparkan, bahwa pola pengasuhan dalam program ini diartikan sebagai pemberian jaminan biaya pendidikan bagi anak-anak yatim dan pelajar dari keluarga kurang mampu. Selain jaminan biaya pendidikan, program ini bertujuan untuk membangun “ikatan batin kasih sayang” anak-anak yatim dan pelajar dari keluarga kurang mampu sehingga memberi dampak positif bagi perkembangan kejiwaan mereka,” paparnya.

Dengan menjadi orang tua asuh secara tidak langsung para orang tua yang berpartisipasi akan ikut menyelami layaknya keluarga sendiri. Mendapat kesempatan langsung untuk berkomunikasi dan memantau perkembangan anak setiap waktu. Adapun bentuk program Gerakan Orang Tua Asuh adalah pemberian beasiswa pendidikan kepada sasaran yang meliputi pembiayaan SPP, sepatu dan seragam, buku-buku pelajaran dan subsidi biaya pendidikan lainnya,” pungkasnya. (Byaz)
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Penerbit: PT CAKRA BUANA RAYA, Kep.Kemenkumham RI No: AHU-0067169.AH.01.09 TH 2009
Copyright © 2011. Byaz Surya Djagad - Inovatif Dan Kooperatif - All Rights Reserved
Template MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
Proudly powered by Byaz Surya Djagad