***BEDAH TUNTAS BUDIDAYA AGROBISNIS SEMUT RANG-RANG MSB***BERSINERGINYA GNP DENGAN MSB TEBAR KEBAHAGAIAN UNTUK ORANG PINGGIRAN***SRIKANDI GNP DIVISI HONG KONG SABET JUARA 3 DALAM LOMBA MARS KEBANGSAAN***STOP PRESS AKAN DILAKUKAN BAGI ANGGOTA DARI MEDIA ONLINE SURYAJAGAD.NET YANG TIDAK AKTIF***
Home » » Enam Pendaki Gunung Lawu Tewas Terjebak Kebakaran Hutan

Enam Pendaki Gunung Lawu Tewas Terjebak Kebakaran Hutan

Written By Byaz.As on Senin, 19 Oktober 2015 | 22.00

Suryajagad.Net - Kebakaran hutan tidak hanya terjadi di wilayah Sumatera dan Kalimantan. Di Gunung Lawu yang terletak di perbatasan Jawa Timur dengan Jawa Tengah, juga terjadi kebakaran hutan yang mengakibatkan 6  korban jiwa.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNP‎B (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, kebakaran terjadi pada Minggu (18/10) siang dan bertempat di petak 73 KPH (Kesatuan Pengelolaan Hutan) Gunung Lawu. Hasil penyisiran sementara sampai saat ini diperoleh infomasi bahwa terdapat 8 korban kebakaran hutan yang terjadi di antara Pos 3 dan Pos 4.

"Ini akibat api unggun dari pendaki gunung yang ditinggal dan belum dipadamkan. Rinciannya enam orang meninggal, dua orang dalam kondisi kritis dan masih dalam proses evakuasi " jelasnya seperti dalam rilis Suryajagad.net dari Jawapos.com, Minggu (18/10/2015) malam.

Sutopo lantas menjelaskan kronologi peristiwa itu. Mulanya, pada pukul 08.00 WIB terlihat kepulan asap di sekitar Pos 3 Cemoro Sewu. Selanjutnya pada pukul 09.30 WIB tim gabungan dari Perhutani, anggota Koramil 0804/02 Plaosan dan masyarakat menuju lokasi kebakaran untuk melaksanakan pemadaman. Pukul 13.40 WIB, tim gabungan yang sedang menuju TKP mendapatkan informasi dari pendaki bernama Mansur Salim (46) asal Kabupaten Semarang. Ia mengaku telah menolong seorang pendaki lain, Dita Kurniawan (18).

Sementara itu dalam kutip Metronews.com, enam pendaki dikabarkan tewas dalam kebakaran Gunung Lawu, Minggu (18/10/2015). Si jago merah juga disebut telah membuat belasan pendaki lainnya. Keluarga Eko Nurhadi asal Desa Brangol, Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, salah satu dari korban luka bakar dalam peristiwa tersebut. Padahal, mereka sejatinya mendaki Gunung Lawu untuk mengisi akhir pekan.

Namun nahas, saat itu puncak Gunung Lawu sedang mengalami kebakaran. Alhasil keluarga Eko terjebak dikelilingi api hingga tak bisa menyelamatkan diri. Menurut Sugiyanto, kerabat Eko asal Ngawi, Eko Nurhadi bersama lima anggota keluarganya diketahui mendaki Puncak Lawu. Keluarga, kata Sugiyanto,  kaget mendengar Eko bersama keluarga lainnya Yani Marwan, Novi, Nanang, dan dua nama yang belum diketahui identitasnya menjadi korban kebakaran.

Saat ini Eko Nurhadi dalam perawatan medis di Rumah Sakit Sudono, Kota Madiun. Sementara, anggota keluarga lainnya dirawat di rumah sakit di Kota Ngawi dan Solo, Jawa Tengah. Informasi dari BNPB Kabupaten Magetan, tercatat enam orang pendaki dikabarkan tewas dalam peristiwa tersebut. Sampai berita ini diturunkan, tim SAR masih mengevakuasi para korban.

Dirangkum dari berbagai sumber
Editor : Byaz
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Penerbit: PT CAKRA BUANA RAYA, Kep.Kemenkumham RI No: AHU-0067169.AH.01.09 TH 2009
Copyright © 2011. Byaz Surya Djagad - Inovatif Dan Kooperatif - All Rights Reserved
Template MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
Proudly powered by Byaz Surya Djagad