***BEDAH TUNTAS BUDIDAYA AGROBISNIS SEMUT RANG-RANG MSB***BERSINERGINYA GNP DENGAN MSB TEBAR KEBAHAGAIAN UNTUK ORANG PINGGIRAN***SRIKANDI GNP DIVISI HONG KONG SABET JUARA 3 DALAM LOMBA MARS KEBANGSAAN***STOP PRESS AKAN DILAKUKAN BAGI ANGGOTA DARI MEDIA ONLINE SURYAJAGAD.NET YANG TIDAK AKTIF***
Home » » Budidaya Itik Hibrida 33 Hari Panen

Budidaya Itik Hibrida 33 Hari Panen

Written By Byaz.As on Senin, 16 November 2015 | 07.05

Suryajagad.Net - Budidaya penggemukan bebek pedaging memiliki potensi yang sangat besar untuk bisnis , karena permintaan akan daging unggas jenis ini terus meningkat dan juga tergolong sangat besar. Dengan menggunakan pola peternakan organic diharapkan membantu dalam peningkatan produk ternak yang lebih sehat dan menguntungkan. 

Berternak bebek agar cepat besar sebenarnya bukanlah hal yang sulit , juga bukan hal yang mudah ,namun dengan mengetahui serta menguasai teknik penggemukan yang tepat guna , diharapkan membawa kesejahteraan peternak bebek di Indonesia. Budidaya bebek pedaging menggunakan pola organik adalah pilihan tepat untuk mempercepat pertumbuhan unggas yang di usahakan.

Budidaya Itik hibrida tersebut memiliki sejumlah keunggulan. Bobot 1,1-1,3 kg/ekor, misalnya diperoleh dalam waktu 33 hari memakai pemeliharaan sistem kandang kering sehingga tidak berbau. Dari bobot hidup itu, karkas yang diperoleh rata-rata 0,7-0,8 kg. “Pertumbuhan jantan dan betina relatif sama.

Pertumbuhan jantan dan betina relatif sama. Sebab itu keduanya dipanen pada umur 33 hari. Perawatan pun relatif mudah. Pakan stater ayam pedaging diberikan saat itik berumur 2-12 minggu. Selanjutnya hingga masa panen itik-itik tersebut diberi pakan campuran dengan kandungan protein 18%.

Sebelum memulai beternak bebek pedaging sebaiknya mempelajari beberapa  teknik dasar penggemukan adalah sangat penting. Faktor sukses dan tidaknya dalam budidaya bebek sangat bergantung dari teknis yang dikuasai. Langkah atau cara awal budidaya bebek yang harus di perhatikan adalah pemilihan bibit yang baik ( Bibit Unggul), komposisi pakan yang seimbang , sistem kandang yang nyaman bagi ternak, pengendalian penyakit ungags, penanganan pasca panen.

Proses pemilihan bibit bebek ( Itik ) unggul memiliki peran sangat penting bagi peternak bebek pedaging ,untuk meraih keuntungan budidaya bebek potong sebaiknya pemilihan bibit bebek jantan. Kunci sukses budidaya bebek pedaging adalah memilih bibit ( Anak itik jantan ) karena faktor kecepatan pertumbuhan bebek jantan  lebih unggul jika dibandingkan bebek betina. harga bibit bebek jantan juga lebih murah jika dibandingkan dengan bebek betina.

Kecukupan pakan yang berkualitas dari segi nilai gizi akan mempercepat pertumbuhan unggas bebek lebih bongsor , sehat dan tahan penyakit. Pemberian pakan buatan sendiri ( dedak / bekatul ,bekicot + tepung cangkang , tepung jagung , tepung ikan, tepung bulu unggas) penggunaan dan penambahan batang pisang , daun pepaya , daun mengkudu serta sayur-sayuran sebagai penunjang serat organic lebih unggul dan lebih murah jika di bandingkan dengan pakan buatan pabrikan. 

Faktor cuaca dan suhu tempat budidaya unggas bebek sangat berpengaruh akan keseimbangan komposisi , baik itu nilai serat , protein dan karbohidrat-nya. Pemberian suplemen sangat di perlukan untuk menjaga kesehatan dan mempercepat pertumbuhan Bebek.

Membuat kandang bebek yang baik adalah berdasarkan besar dan kecilnya anggaran yang dimiliki, untuk sistem kandang bebek pedaging sebaiknya menggunakan kandang panggung dengan menghadap arah matahari terbit. Kelebihan kandang panggung adalah sangat baik untuk menjaga kebersihan dan kesehatan bebek pedaging. 

Apabila menggunakan kandang lantai non panggung , sebaiknya penggunaan lapisan pasir , kapur dan sekam padi sangat penting , fungsi kapur adalah penting untuk menjaga PH tanah , mengendalikan penyakit serta proses penyerapan kotoran bebek lebih baik. Dengan menambahkan kapur serta sekam padi yang telah bercampur dengan kotoran bebek , setelah masa 3 - 5 tahun mempunyai manfaat besar untuk digunakan sebagai bahan pembuatan Bokashi ( Pupuk Organik).

Sumber : Organikilo.co
Editor    : Byaz
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Penerbit: PT CAKRA BUANA RAYA, Kep.Kemenkumham RI No: AHU-0067169.AH.01.09 TH 2009
Copyright © 2011. Byaz Surya Djagad - Inovatif Dan Kooperatif - All Rights Reserved
Template MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
Proudly powered by Byaz Surya Djagad