***BEDAH TUNTAS BUDIDAYA AGROBISNIS SEMUT RANG-RANG MSB***BERSINERGINYA GNP DENGAN MSB TEBAR KEBAHAGAIAN UNTUK ORANG PINGGIRAN***SRIKANDI GNP DIVISI HONG KONG SABET JUARA 3 DALAM LOMBA MARS KEBANGSAAN***STOP PRESS AKAN DILAKUKAN BAGI ANGGOTA DARI MEDIA ONLINE SURYAJAGAD.NET YANG TIDAK AKTIF***
Home » » Peringatan 11 Tahun Bencana Tsunami Di Aceh

Peringatan 11 Tahun Bencana Tsunami Di Aceh

Written By Byaz.As on Minggu, 27 Desember 2015 | 04.00

Suryajagad.Net - Sebelas tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 26 Desember 2004, menjadi hari yang kelam bagi warga Nangroe Aceh Darusallam. Gempa berkekuatan 9.3 SR disusul gelombang tsunami telah menyapu bangunan-bangunan di Aceh. Tak hanya itu saja, gelombang tsunami itu juga telah merenggut lebih dari 200 ribu jiwa.

Saat itu, gempa mengawali 9,3 SR mengawali hari kelam saat itu. Sekira pukul 8.00 WIB gempa yang berpusat pada kurang lebih 160 km sebelah barat Aceh dengan kedalaman 10 kilometer, merupakan gempa bumi terdahsyat dalam kurun waktu 40 tahun terakhir ini yang menghantam Aceh. Gempa ini bahkan dirasakan hingga Pantai Barat Semenanjung Malaysia, Thailand, Pantai Timur India, Sri Lanka, bahkan sampai Pantai Timur Afrika. Dalam rilis Suryajagad.net dari Okezone.com, Sabtu (26/12/2015)

Beberapa jam setelah terjadinya gempa, masyarakat di pesisir Aceh dipanikkan dengan adanya gelombang tsunami yang ketinggiannya mencapai sembilan meter itu. Akibatnya, ratusan ribu jiwa melayang akibat gelombang dahsyat ini.

Sementara itu dari kutipan Liputan6.com. peringatan 11 tahun ini, nelayan di seluruh Aceh kompak tak melaut. Ini merupakan kesepakatan bersama para nelayan yang dilakukan sejak Kamis malam 24 Desember 2015.

Wakil Sekjen Panglima Laot Aceh Miftah Cut Adek mengatakan, 26 Desember sudah diputuskan sebagai hari pantang melaut di Aceh, karena pada hari ini bertepatan dengan terjadinya tsunami Aceh.

"Sudah aturan kita mulai malam Jumat (Kamis malam) kemarin tidak melaut. Karena hari Jumat hingga berakhirnya hari peringatan tsunami pada 26 Desember yang merupakan hari tsunami," ujar Miftah di Banda Aceh, Aceh, Sabtu (26/12/2015)

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah Aceh akan menggelar upacara mengenang 11 tahun tsunami Aceh. Untuk tahun ini, peringatan 11 tahun tsunami akan dipusatkan di Masjid Rahmatullah, Lampuk, Kecamata Lhok Nga, Kabupaten Aceh Besar, pada hari ini.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Reza Fahlevi, menjelaskan acara sengaja dipusatkan di Lampuuk, mengingat daerah ini termasuk salah satu terparah diterjang tsunami 2004, dan telah banyak mendapat perhatian masyarakat internasional.

Upacara tsunami kali ini bertajuk “Memajukan Negeri Membangun Masyarakat Siaga Bencana” diharapkan tak hanya semata hanya untuk berkumpul, mengenang, bernostalgia dan berakhir begitu saja. Acara ini nantinya akan diisi dengan kegiatan zikir bersama dan tausyiah. (Byaz)
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Penerbit: PT CAKRA BUANA RAYA, Kep.Kemenkumham RI No: AHU-0067169.AH.01.09 TH 2009
Copyright © 2011. Byaz Surya Djagad - Inovatif Dan Kooperatif - All Rights Reserved
Template MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
Proudly powered by Byaz Surya Djagad