***BEDAH TUNTAS BUDIDAYA AGROBISNIS SEMUT RANG-RANG MSB***BERSINERGINYA GNP DENGAN MSB TEBAR KEBAHAGAIAN UNTUK ORANG PINGGIRAN***SRIKANDI GNP DIVISI HONG KONG SABET JUARA 3 DALAM LOMBA MARS KEBANGSAAN***STOP PRESS AKAN DILAKUKAN BAGI ANGGOTA DARI MEDIA ONLINE SURYAJAGAD.NET YANG TIDAK AKTIF***
Home » » Pesawat Tempur T50i Milik TNI AU Jatuh dan Terbakar

Pesawat Tempur T50i Milik TNI AU Jatuh dan Terbakar

Written By Byaz.As on Senin, 21 Desember 2015 | 08.00

Suryajagad.Net - Pesawat TNI AU jenis T50i Golden Eagle jatuh dan menewaskan dua pilot di dalamnya. Sebelum jatuh, pesawat  sempat menabrak gedung Akademi Angkatan Udara (AAU) yang berada di lingkungan Lanut Adisutjipto. Menurut informasi yang dihimpun, peristiwa terjadi pukul 09.40 WIB pada saat melakukan akrobatik udara di Lanud Adi Sucipto, Yogyakarta, Minggu (20/12/2015). Pesawat menabrak gedung AAU sebelum menyentuh tanah dan terbakar.

Para penumpang pesawat komersial di Bandara Adisutjipto mendengar ledakan dari pesawat tersebut setidaknya dua kali. Kecelakaan yang menewaskan perwira TNI AU  ini menyebabkan airshow dalam rangka Gebyar Dirgantara yang dimulai Sabtu kemarin ditutup lebih cepat. Seperti dalm rilis Suryajagd.net dari Detik.com. Minggu (0/12/2015)

Sementara itu dalam kutip Kompas.com, TNI Angkatan Udara telah mengirimkan tim investigasi ke Lanud Adi Sucipto, Yogyakarta. Hal itu menyusul jatuhnya pesawat tempur milik TNI AU jenis T-50 Golden Eagle saat melakukan aerobatik pada gelaran Gebyar Nusantara 2015, Minggu (20/12/2015) pagi.

"Tim investigasi sudah dikirim ke Yogya, yang diketuai Wakasau TNI AU," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsma Dwi Badarmanto di Base Ops Lanud Halim, Minggu siang.

Menurut informasi sementara, pesawat tempur buatan Korean Aero Industri (KAI) itu mengalami kecelakaan sekitar pukul 09.53 WIB setelah melakukan atraksi terbang rendah (low pass). Meski begitu, Dwi belum dapat memastikan apa penyebab utama atas jatuhnya pesawat tersebut.

"Tentunya dalam peristiwa kecelakaan pesawat itu diakibatkan lima M, manusia, mesin, media, misi dan manajemen. Dan tim investigasi ini akan mengkaji semua bagaimana kondisi pesawat, kondisi pilot sebelum terbang, ini akan dikaji semua," kata Dwi.

Ia menambahkan, belum dapat dipastikan berapa lama proses investigasi yang dilakukan oleh tim tersebut akan rampung. Hanya saja, untuk saat ini proses evakuasi terhadap bangkai pesawat telah rampung.

Akibat peristiwa tersebut, dua pilot pesawat itu, Letkol Penerbang Marda Sarjono dan Kapten Penerbang Dwi Cahyadi, tewas.Kini, jenazah kedua pilot itu masih disemayamkan di Rumah Sakit TNI AU Hardjolukito. (Byaz)
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Penerbit: PT CAKRA BUANA RAYA, Kep.Kemenkumham RI No: AHU-0067169.AH.01.09 TH 2009
Copyright © 2011. Byaz Surya Djagad - Inovatif Dan Kooperatif - All Rights Reserved
Template MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
Proudly powered by Byaz Surya Djagad