***BEDAH TUNTAS BUDIDAYA AGROBISNIS SEMUT RANG-RANG MSB***BERSINERGINYA GNP DENGAN MSB TEBAR KEBAHAGAIAN UNTUK ORANG PINGGIRAN***SRIKANDI GNP DIVISI HONG KONG SABET JUARA 3 DALAM LOMBA MARS KEBANGSAAN***STOP PRESS AKAN DILAKUKAN BAGI ANGGOTA DARI MEDIA ONLINE SURYAJAGAD.NET YANG TIDAK AKTIF***
Home » » Satukan Gerak Mengawal Implementasi UU Desa

Satukan Gerak Mengawal Implementasi UU Desa

Written By Byaz.As on Sabtu, 05 Desember 2015 | 22.00

Suryajagad.Net - Lebih dari 500 orang dari berbagai Lembaga Swadaya Masyarakat (Non Gobvermance Organitation/NGO), Akademisi, dan Media Massa hadir dalam rapat kerja nasional pemangku kepentingan desa yang digelar Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertingal , dan Tranmigrasi (Kemendesa PDTT)diJakarta, Kamis (3/12/2015).

Menteri Desa PDTT Marwan Jafar mengajak semua peserta untuk memberikan masukan, apakah UU Desa sudah terlaksana sesuai ketentuan ataukan belum. Indikatornya bisa dilihat dari sejauh mana pengaruh program desa terhadap pembentukan kemandirian Desa, bisa mengentaskan kemiskinan,menjadi solusi untuk permasalahan ekologi, menekan urbanisasi , serta berbagai peroblem sosial lainya.

“Rapat kerja ini harus bisa menghasilkan  konsensus bersama untuk Desa Membangun," ucap Menteri Marwan.

Secara umum UUDesa masih belum dipahami secara utuh oleh masyarakat. Banyak masyarakat yang hanya memahami UU Desa sebatas persoalan Dana Desa, padahal  regulasi ini hadir untuk masyarakat Desa supaya desa lebih berdaya dan bisa mandiri untuk kepentingan masyarakat seutuhnya.

Menteri Marwan menambahkan bahwa masih banyak persoalan yang menjadi tantangan untuk membumikan UU Desa dengan baik, khususnya tantangan bagi Kemendes PDTT sebagai pengawal UU Desa. Salah satu tantangan itu misalnya terkait politik lokal yang diduga memicu maraknya usulan pembentukan desa baru  atas nama kewenang Desa dalam UU Desa.

Begitupun, lanjut Menteri Marwan, persoalan hubungan antar desa dengan kecamatan,Kabupaten dan pemerintah harus dijalankan sebagai tugas bersama supaya tidak ada persoalan di kemudian hari.

“Untuk mewujudkan desa mandiri dan terlaksananya amanat UU Desa dengan maksimal, maka butuh sinergi dan waktu. Dengan demikian, peran NGO dan akademisi sangat penting untuk menambal dan mempengaruhi para birokrasi, supaya lebih progresif lagi,” tuntas Menteri Marwan.

SelainMenteri Marwan hadirjugaSekjenKemendesa PDTTAnwar Sanusi, Dirjen PPMD Ahmad Erani, Staf Menteri Syaiful Huda, serta beberapa pejabat di lingkungan Kemendesa PDTT lainnya.

Sumber : Kemendesa.go.id
Editor    : Byaz
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Penerbit: PT CAKRA BUANA RAYA, Kep.Kemenkumham RI No: AHU-0067169.AH.01.09 TH 2009
Copyright © 2011. Byaz Surya Djagad - Inovatif Dan Kooperatif - All Rights Reserved
Template MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
Proudly powered by Byaz Surya Djagad