***BEDAH TUNTAS BUDIDAYA AGROBISNIS SEMUT RANG-RANG MSB***BERSINERGINYA GNP DENGAN MSB TEBAR KEBAHAGAIAN UNTUK ORANG PINGGIRAN***SRIKANDI GNP DIVISI HONG KONG SABET JUARA 3 DALAM LOMBA MARS KEBANGSAAN***STOP PRESS AKAN DILAKUKAN BAGI ANGGOTA DARI MEDIA ONLINE SURYAJAGAD.NET YANG TIDAK AKTIF***
Home » » Doktor UI Menemukan Bahan Semen Dari Sabut Kelapa

Doktor UI Menemukan Bahan Semen Dari Sabut Kelapa

Written By Byaz.As on Minggu, 17 Januari 2016 | 03.00

Suryajagad.Net - Tingginya penggunaan semen dalam pembangunan berbagai insfrastruktur di samping memberikan manfaat juga memberikan dampak negatif seperti pemanasan global. Dalam rangka menghindari hal tersebut maka salah satu hal yang dapat dilakukan adalah menggunakan material yang ramah lingkungan. Selain ramah lingkungan, kualitas material kontruksi yang diperlukan pun diharapkan dapat mempercepat pembangunan itu sendiri.

Dalam rilis situs resmi kampus UI, www.ui.ac.id, Riana Herlina Lumingkewas mempertahankan disertasinya yang berjudul, “Development of Rheological and Mechanical Models of Coir Fiber Reinforced Cementitious Composites (CFRCC)” di hadapan beberapa dewan penguji yaitu Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA., Prof. Tavio, S.T., M.T., Ph.D., Prof. Dr. Yannick Mellinge., Assoc. Prof. Dr. Thibaut LECOMPTE dari Universite de Bretagne Sud. France, Assoc. Prof. Dr. Arnaud PERROT dari Universite de Bretagne Sud. France.

Disertasi Riana yang dipromotori oleh Prof. Dr. Ir. Irwan Katili, DEA ini dilatarbelakangi oleh produksi semen yang semakin meningkat seiring dengan pembangunan yang semakin pesat.

Riana memaparkan bahwa penelitian ini mengembangkan bahan serat baru untuk dijadikan sebagai material konstruksi yaitu serat sabuk kelapa. Formulasi material dengan semen dan bahan lokal ini dapat menjadi salah satu alternatif pembangunan agar lingkungan yang ramah lingkungan dapat tercipta. (Byaz)
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Penerbit: PT CAKRA BUANA RAYA, Kep.Kemenkumham RI No: AHU-0067169.AH.01.09 TH 2009
Copyright © 2011. Byaz Surya Djagad - Inovatif Dan Kooperatif - All Rights Reserved
Template MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
Proudly powered by Byaz Surya Djagad