***BEDAH TUNTAS BUDIDAYA AGROBISNIS SEMUT RANG-RANG MSB***BERSINERGINYA GNP DENGAN MSB TEBAR KEBAHAGAIAN UNTUK ORANG PINGGIRAN***SRIKANDI GNP DIVISI HONG KONG SABET JUARA 3 DALAM LOMBA MARS KEBANGSAAN***STOP PRESS AKAN DILAKUKAN BAGI ANGGOTA DARI MEDIA ONLINE SURYAJAGAD.NET YANG TIDAK AKTIF***
Home » » Menag Sambut Baik Program YAMP Dalam Memajukan Umat Beragama

Menag Sambut Baik Program YAMP Dalam Memajukan Umat Beragama

Written By Byaz.As on Kamis, 21 Januari 2016 | 08.00

Suryajagad.Net - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyambut baik program Yayasan Amal Bhakti Muslim Pancasila Indonesia (YAMP) dalam memajukan kehidupan umat beragama di Indonesia. 

“YAMP merupakan inisiatif Pak Soeharto saat itu dalam memajukan kehidupan umat beragama, sesuai dengan amanat Pancasila Sila Pertama dan sesuai dengan visi misi Kementerian Agama dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang taat beragama”,kata Menag saat menerima Ketua YAMP Sulastomo dan pengurus YAMP, Direktur Urusan dan Pembinaan Syariah Muchtar Ali di ruang kerja Menteri Agama, Rabu (20/01/2016).

Dari rilis laman Kemenag.go.id, Menteri Agama mengatakan inisiatif tersebut telah berhasil secara nyata terwujud dengan mendirikan 999 masjid di seluruh Indonesia,  bukan hanya di Indonesia bahkan ada yang diluar negeri, dan itu merupakan aset potensi yang luar biasa. berdasarkan sejarahnya, YAMP ini bertumpu pada upaya menumbuhkembangkan semangat gotong royong di kalangan dermawan muslim, agar bahu membahu dalam mengumpulkan sumbangan secara sukarela untuk pembangunan tempat ibadah. 

“Hampir sama dengan gagasan Bapak Wakil Presiden RI Jusuf Kalla selaku pembina Dewan Masjid Indonesia (DMI) dalam memberdayakan masjid untuk memakmurkan umat. Mamun dalam era saat ini, untuk meminta dana seperti itu dari PNS/Aparatur Negara Sipil (ASN) tidak segampang zaman dulu, karena pungutan itu harus berdasarkan Undang-undang, kecuali sukarela,” terang Menag.

“Jangan sampai menimbulkan permasalahan dikemudian hari, akan dicari formatnya seperti apa”, imbuh Menag.

Sebelumnya Sulastomo menyampaikan bahwa inisiatif Pak Harto mendirikan Yayasan Amal Bakti Muslim Pancasila (YAMP) pada tanggal 17 Pebruari 1982 untuk mengembangkan kehidupan umat beragama melalui jalinan gotong royong telah secara nyata berhasil diwujudkan dengan dibuktikan berdirinya masjid-masjid tersebut tanpa membebani keuangan Negara.

Menurut Sulastomo, sebagai upaya memajukan kehidupan umat beragama di Indonesia, umat Muslim dengan semangat gotong royong, bahu membahu mengumpulkan sumbangan/sedekah/amal jariyah secara sukarela untuk pembangunan tempat ibadah.

“Inisiatif tersebut telah berhasil secara nyata, tahun 2009 YAMP telah mendirikan 999 unit masjid, adapun desain masjid yang nampak sama diseluruh Indonesia untuk menjaga dan melestarikan kearifan lokal, sebagai simbol kesejalinan antara Islam dengan budaya nusantara. Ukuran masjid YAMP terdiri dari 3 macam, tipe 15 Kecamatan dengan ukuran 15 m x 15 m, tipe 17 Kabupaten dengan ukuran 17 m x 17 m, tipe 19 Provinsi dengan ukuran 19 m x 19 m,” urai Sulastomo.

“Dalam rekrutmen pengurusnya, kita selalu berkomunikasi dengan pemerintah setempat sifatnya otonom sesuai petunjuk dari pemerintah setempat (bupati) yang bertanggungjawab,” jelasnya.

YAMP, ujar Sulastomo, menegaskan tidak akan menambah masjid lagi, saat ini YAMP hanya terfokus pada pelatihan managemen dan wawasan inetrnal kepada pengurus, dan terfokus juga pada perawatan dan renovasi-renovasi masjid yang memerlukan,” pungkasnya. 

Pada kesempatan tersebut, Sulatomo mengundang Menag untuk menghadiri hari lahir YAMP yang jatuh pada tanggal 17 Februari 2016. (Byaz)
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Penerbit: PT CAKRA BUANA RAYA, Kep.Kemenkumham RI No: AHU-0067169.AH.01.09 TH 2009
Copyright © 2011. Byaz Surya Djagad - Inovatif Dan Kooperatif - All Rights Reserved
Template MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
Proudly powered by Byaz Surya Djagad