***BEDAH TUNTAS BUDIDAYA AGROBISNIS SEMUT RANG-RANG MSB***BERSINERGINYA GNP DENGAN MSB TEBAR KEBAHAGAIAN UNTUK ORANG PINGGIRAN***SRIKANDI GNP DIVISI HONG KONG SABET JUARA 3 DALAM LOMBA MARS KEBANGSAAN***STOP PRESS AKAN DILAKUKAN BAGI ANGGOTA DARI MEDIA ONLINE SURYAJAGAD.NET YANG TIDAK AKTIF***
Home » » Wujudkan Cinta Tanah Air Dengan Karya Nyata

Wujudkan Cinta Tanah Air Dengan Karya Nyata

Written By Byaz.As on Selasa, 23 Februari 2016 | 06.30

Suryajagad.Net - Nasionalisme bangsa Indonesia dapat dianggap sebagai cita-cita bangsa. Hal tersebut tertuang dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Seperti yang telah diketahui bersama, Pembukaan UUD 1945 ini tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Hal tersebut disebabkan Pembukaan UUD 1945 selalu dibacakan setiap upacara bendera hari Senin pada waktu sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.

Hal ini membuat Pembukaan UUD 1945 sudah melekat di otak kita sehingga kita dapat dengan mudah hafal di luar kepala. Namun, tidak semua anak di Indonesia dapat mendengar nasionalisme bangsa Indonesia tersebut, terutama anak di daerah perbatasan dan terluar Indonesia. Upacara bendera saja jarang dilakukan di daerah perbatasan. Selain memang jumlah murid yang terbatas atau sedikit, jumlah guru pun juga sangat terbatas sehingga pada sekolah yang terletak di perbatasan sulit melakukan upacara bendera dengan lengkap seperti daerah lainnya.

Dalam Pembukaan UUD 1945, terdapat beberapa poin hakikat identitas kebangsaan. Pertama, ada semangat antikolonialisme. Hal tersebut didasarkan oleh pengalaman historis setiap daerah yang pernah dijajah. Pengalaman historis yang sama tersebut membuat beberapa daerah dapat dipersatukan dengan sebutan Indonesia. Kedua, pada pembukaan UUD 1945 juga terdapat amanat negara untuk dapat menyejahterakan masyarakat dengan memberikan perlindungan sosial. Hal tersebut dapat dibilang sebagai kewajiban negara yang harus dipenuhi kepada warga negaranya atau rakyatnya. Kewajiban tersebut harus dipenuhi oleh negara secara menyeluruh.

Lalu sebagai warga Negara Indonesia apa yang telah engkau lakukan untuk membangun Negeri tercinta ini. Menjadi penonton,komentator atau pengeritik sebuah kebijakaan. Mari bangun dari mimpi dan bangkit dari hayalan. Songsong mentari pagi dengan penuh semangat persatuan dan kesatuan. Tunjukan karya nyatamu untuk Negeri tercinta ini.

Sumber : Pmemahamn Cinta Tanah Air/
Editor    : Byaz

Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Penerbit: PT CAKRA BUANA RAYA, Kep.Kemenkumham RI No: AHU-0067169.AH.01.09 TH 2009
Copyright © 2011. Byaz Surya Djagad - Inovatif Dan Kooperatif - All Rights Reserved
Template MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
Proudly powered by Byaz Surya Djagad