***BEDAH TUNTAS BUDIDAYA AGROBISNIS SEMUT RANG-RANG MSB***BERSINERGINYA GNP DENGAN MSB TEBAR KEBAHAGAIAN UNTUK ORANG PINGGIRAN***SRIKANDI GNP DIVISI HONG KONG SABET JUARA 3 DALAM LOMBA MARS KEBANGSAAN***STOP PRESS AKAN DILAKUKAN BAGI ANGGOTA DARI MEDIA ONLINE SURYAJAGAD.NET YANG TIDAK AKTIF***
Home » » Cara Efektif Mengendalikan Hama Keong Mas

Cara Efektif Mengendalikan Hama Keong Mas

Written By Byaz.As on Minggu, 10 April 2016 | 07.00

Suryajagad.Net - Hama keong mas atau golden apple snail adalah hama yang selalu menyerang saat musim tanam padi. Banyak cara untuk mencegah dan mengatasi hama keong. Banyaknya hama seperti keong dan wereng tidak akan membuat petani untuk putus asa dan selalu mencari ide kreatif untuk menangani hama keong. Keong mas walaupun bisa bersifat menjadi hama ternyata bisa juga bermanfaat untuk pertanian.

Keong mas walaupun memiliki banyak hal yang merugikan petani tetapi ternyata juga memiliki manfaat yang banyak untuk petani diantaranya adalah keongmas adalah pemakan rumput. Keong mas akan menjadi hama bagi padi jika usia padi masih muda sehingga padi juga akan dimakan oleh keong mas. tetapi saat tumbuhan padi sudah mulai dewasa. Keong mas juga membantu membunuh rumput yang mengganggu tanaman padi.

Bila terjadi serangan keong mas, sawah perlu segera dikeringkan, karena keong mas menyenangi tempat-tempat yang digenangi air. Jika petani menanam dengan sistem tanam pindah, maka pada 15 hari setelah tanam pindah sawah perlu dikeringkan kemudian digenangi lagi secara bergantian (flash flood = intermitter irrigation). Bila padi ditanam dengan system sebar langsung, selama 21 hari setelah sebar, sawah perlu dikeringkan, kemudian digenangi lagi secara bergantian.

Selain itu, perlu dibuat caren di dalam dan di sekeliling petakan sawah sebelum tanam, baik di musim hujan maupun kemarau. Ini dimaksudkan agar pada saat dilakukan pengeringan, keong mas akan menuju caren sehingga memudahkan pengambilan keong mas dan sebagai salah satu cara pengendaliannya.

Keberadaan keong mas di lapang ditandai oleh adanya telur berwarna merah-muda dan keong mas dengan berbagai ukuran dan warna. Keong mas merupakan salah satu hama penting yang menyerang padi muda terutama di sawah yang ditanam dengan sistem tabela. Untuk mengatasi perkembangan hama keong mas ini secara luas perlu dilakukan pengendalian yang tepat dan efektif, sehingga perkembangan keong mas dapat ditekan sampai berada dibawah ambang ekonomi. Beberapa teknologi pengendalian yang dapat dilakukan yaitu pengendalian secara mekanik, pengendalian secara biologi dan pengendalian secara kimia.

Secara mekanik yaitu pemberantasan hama keong mas dilakukan dengan : Pemungutan secara berkala 3 kali seminggu dan dihancurkan serta telur dihancurkan dengan kayu/bambu. Menggunakan saringan berukuran 5 mm mesh yang dipasang pada tempat air masuk di pematang untuk meminimalkan masuknya keong mas ke sawah dan memudahkan pemungutan dengan tangan. Menanam bibit umur  21 hari dan tanam lebih dari satu bibit per rumpun. Buat caren di dalam dan di sekeliling petakan sawah. Secara biologi yaitu pemberantasan hama keong mas dengan melepas itik dan membuat perangkap telur.

Secara kimia yaitu pemberantasan hama keong mas dilakukan dengan menggunakan pestisida yang berbahan aktif niclos amida dan pestisida botani seperti lerak, deris, dan saponine. Aplikasi pestisida dapat dilakukan di sawah yang tergenang di caren atau di cekungan-cekungan yang ada airnya tempat keong mas berkumpul.(Byaz)
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Penerbit: PT CAKRA BUANA RAYA, Kep.Kemenkumham RI No: AHU-0067169.AH.01.09 TH 2009
Copyright © 2011. Byaz Surya Djagad - Inovatif Dan Kooperatif - All Rights Reserved
Template MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
Proudly powered by Byaz Surya Djagad