***BEDAH TUNTAS BUDIDAYA AGROBISNIS SEMUT RANG-RANG MSB***BERSINERGINYA GNP DENGAN MSB TEBAR KEBAHAGAIAN UNTUK ORANG PINGGIRAN***SRIKANDI GNP DIVISI HONG KONG SABET JUARA 3 DALAM LOMBA MARS KEBANGSAAN***STOP PRESS AKAN DILAKUKAN BAGI ANGGOTA DARI MEDIA ONLINE SURYAJAGAD.NET YANG TIDAK AKTIF***
Home » » Penetapan Awal Ramadhan Sidang Isbat Dilakukan Tertutup

Penetapan Awal Ramadhan Sidang Isbat Dilakukan Tertutup

Written By Byaz.As on Sabtu, 28 Mei 2016 | 07.00

Suryajagad.Net - Kementerian Agama akan menyelenggarakan sidang itsbat (penetapan) awal bulan Ramadhan 1437H pada Minggu (05/06/2016) mendatang. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memastikan kalau seperti tahun lalu, proses sidang itsbat akan dilakukan secara tertutup.

“Kami akan mengundang para kyai, ulama, tokoh-tokoh agama, pimpinan ormas-ormas Islam, akademisi, dan pakar di bidang ilmu falaq untuk hadir dalam sidang isbat yang akan dilakukan pada 5 juni 2016 sore hari”, kata Menag di Jakarta, seperti dalam rilis Suryajagad.Net dari laman Kemenag.go.id, Jumat (27/05/2016).

Sidang dilakukan tertutup, menurut Menag, karena hal terpenting yang dibutuhkan masyarakat adalah hasilnya, bukan perdebatannya. Jadi, biarkan suasana perdebatan menjadi panggung tersendiri.

“Perdebatan dalam isbat awal ramadhan bukan konsumsi publik. Perdebatan para ahli, kalau dikonsumsi masyarakat umum khawatir justru berpotensi memunculkan salah faham,” kata Menag.

Dijelaskan Menag, Kementerian Agama nantinya akan menyiapkan petugas pengamatan hilal (rukyatul hilal) di beberapa titik pemantauan di Indonesia. Jika ada yang berhasil melihat hilal, maka sidang isbat akan memutuskan awal Ramadhan pada Senin, 6 Juni 2016. Sebaliknya, jika hilal tidak terlihat, maka bulan Syaban akan digenapkan menjadi 30 hari dan awal Ramadlan jatuh pada Selasa, 7 Juni 2016.

Menag Lukman berharap umat Muslim Indonesia dapat mengawali puasa Ramadhan secara bersama-sama. Proses sidang isbat juga diharapkan berjalan lancar dan tidak terjadi perdebatan berkepanjangan.(Byaz)
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Penerbit: PT CAKRA BUANA RAYA, Kep.Kemenkumham RI No: AHU-0067169.AH.01.09 TH 2009
Copyright © 2011. Byaz Surya Djagad - Inovatif Dan Kooperatif - All Rights Reserved
Template MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
Proudly powered by Byaz Surya Djagad