***BEDAH TUNTAS BUDIDAYA AGROBISNIS SEMUT RANG-RANG MSB***BERSINERGINYA GNP DENGAN MSB TEBAR KEBAHAGAIAN UNTUK ORANG PINGGIRAN***SRIKANDI GNP DIVISI HONG KONG SABET JUARA 3 DALAM LOMBA MARS KEBANGSAAN***STOP PRESS AKAN DILAKUKAN BAGI ANGGOTA DARI MEDIA ONLINE SURYAJAGAD.NET YANG TIDAK AKTIF***
Home » » Program 5000 Doktort ,Pendaftaran Beasiswa S3 Luar Negeri Dibuka

Program 5000 Doktort ,Pendaftaran Beasiswa S3 Luar Negeri Dibuka

Written By Byaz.As on Sabtu, 07 Mei 2016 | 21.00

Suryajagad.Net - Kementerian Agama melalui Ditjen Pendidikan Islam kembali membuka pendaftaran program beasiswa luar negeri (BLN) untuk jenjang S3 tahun 2016. Beasiswa S3 luar negeri yang menjadi bagian dari program 5000 doktort ini dibuka pendaftarannya sejak 5 Mei – 1 Juni mendatang.

Mekanisme pendaftaran dilakukan secara online sampai 1 Juni. Adapaun untuk masa update dokumen, para pendaftar diberi kesempatan sampai 20 Juni karena proses verifikasi dokumen akan mulai dilakukan  pada 21 – 30 Juni 2016.

Peserta yang dinyatakan lulus adalah mereka yang lulus seleksi dokumen, wawancara dan LGD(Leaderless Group Discussion) pada 18 – 19 Juli 2016. Pengumuman hasil seleksi ini dilakukan pada 25 Juli 2016.

BLN yang merupakan bagian dari skema pemberian “Beasiswa Program 5000 Doktor”  Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (Diktis), Ditjen Pendidikan Islam  ini terdiri dari 2 (dua) jenis: Beaasiswa Studi Luar Negeri (BS-LN) dan  Bantuan Penyelesaian Studi Luar Negeri (BPS-LN).

Dalam kutip laman resmi Kemenag.go.id, beasiswa Studi Luar Negeri (BS-LN) adalah  diberikan  Kementerian Agama  untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Beasiswa ini bertujuan mendorong pengembangan kualitas PTKI melalui studi lanjut pada jenjang S3 luar Negeri. 

Beasiswa ini juga diperuntukkan bagi para dosen, tenaga kependidikan  dan atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada unit Eselon 1 Kementrian Agama Pusat sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan kemampuan para pegawai dan pemegang kebijakan dalam mengembangkan kualitas instansi yang dikelolanya.

Program 5000 Doktor diprioritaskan untuk penelitian yang menggunakan pendekatan interdisciplinary dalam berbagai bidang keilmuan yang dikembangkan di PTKI. Untuk tahun 2016-2017, BLN diberikan untuk penelitian dalam berbagai bidang keilmuan sebagai berikut: Kajian Akademik Al-Qur’an dan Sumber Sumber Doktrin Islam, Kajian Budaya dan Masyarakat Muslim, Kajian Islam, Pembangunan dan Studi Strategis,  serta Kajian Sains dan Agama 

“BPS-LN hanya diberikan untuk 1(satu) kali.  Komponen bantuan meliputi tuition fee (at cost) dan biaya lainnya yang terkait dengan penyelesaian studi,” demikian tertulis dalam pengumuman di laman resmi Scholarship Kemenag

Adapun Bantuan Penyelesaian Studi Luar Negeri (BPS-LN) merupakan program afirmasi bagi  para dosen dan tenaga kependidikan atau mahasiswa Indonesia yang mengalami kesulitan pembiayaan dalam rangka penyelesaian studi mereka di luar negeri. Bantuan ini juga bertujuan untuk membantu para penerima beasiswa yang beasiswanya dihentikan oleh lembaga pemberi dana beasiswa sebelumnya karena telah melampaui batas waktu maksimal semester yang ditentukan. (Byaz)
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Penerbit: PT CAKRA BUANA RAYA, Kep.Kemenkumham RI No: AHU-0067169.AH.01.09 TH 2009
Copyright © 2011. Byaz Surya Djagad - Inovatif Dan Kooperatif - All Rights Reserved
Template MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
Proudly powered by Byaz Surya Djagad