***BEDAH TUNTAS BUDIDAYA AGROBISNIS SEMUT RANG-RANG MSB***BERSINERGINYA GNP DENGAN MSB TEBAR KEBAHAGAIAN UNTUK ORANG PINGGIRAN***SRIKANDI GNP DIVISI HONG KONG SABET JUARA 3 DALAM LOMBA MARS KEBANGSAAN***STOP PRESS AKAN DILAKUKAN BAGI ANGGOTA DARI MEDIA ONLINE SURYAJAGAD.NET YANG TIDAK AKTIF***
Home » » Membuat Telur Asin Beraneka Rasa

Membuat Telur Asin Beraneka Rasa

Written By Byaz.As on Minggu, 12 Juni 2016 | 06.57

Suryajagad.Net – Datangnya bulan suci Ramadhan menambah kesibukan tersendiri bagi kaum hawa dalam urusan dapur. Perlu adanya inovatif yang berbeda untuk urusan menu sahur dan berbuka puasa.  Serta sebuah kreatifitas yang mampu menambah penghasilan keluarga. Diantaranya dengan membuat telur asin beraneka  rasa.

Telur merupakan salah satu sumber protein dan pembangun gizi bagi manusia. Telur mengandung berbagai vitamin serta mineral yang banyak dijumpai pada bagian kuningnya. Telur juga memiliki kandungan omega-3, yakni asam lemak jenuh yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Omega 3 ini tak bisa diciptakan secara alamiah oleh tubuh kita.

Jalan satu-satunya mendapatkan asam lemak ini adalah mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan omega 3, salah satunya adalah telur. Saat ini telur telah mengalami berbagai sistem olah, salah satu yang terbaru adalah telur asin.

Langkah awal pembuatan telur asin aneka rasa, pertama yang harus lakukan adalah memilih telur yang berkualitas. Jenis telur yang banyak digunakan dalam usaha telur asin adalah telur itik. Karena telur itik memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan cenderung mudah rusak. Untuk memilih telur itik yang masih baik, masukkan telur itik ke dalam wadah berisi air. Perhatikan, apabila telur tenggelam maka hal tersebut berarti telur layak untuk diolah.

Kedua persiapkan bahan-bahan yang digunakan adalah abu gosok atau bubuk bata merah, bubuk garam atau garam kasar, wadah untuk membuat adonan, wadah untuk menyimpan telur serta penambah rasa pada telur tergantung  keinginan.

Ketiga  membuat adonan garam. Campurkan bahan-bahan abu gosok atau bubuk bata merah dalam wadah bersama bubuk garam serta campuran bahan penambah rasa, misalnya jahe. Untuk membuatnya kental, tambahkan air secukupnya. Balurkanlah adonan tersebut pada telur yang telah dibersihkan sebelumnya. Setelah itu simpanlah dalam wadah penyimpanan yang telah disediakan selama tujuh hari hingga sepuluh hari, tergantung kadar asin yang diinginkan.

Selain membaluri telur dengan adonan garam tadi, cara membuat telur asin aneka rasa juga bisa dengan metode perendaman telur bersama adonan garam tadi. Caranya, susun telur itik yang telah dibersihkan dalam wadah dengan hati-hati. Setelah itu tuang semua adonan ke dalam wadah tersebut. Pastikan semua telur tertutupi adonan dengan sempurna. Masa perendaman sama dengan masa pembaluran, tujuh hingga sepuluh hari tergantung pada selera.

Secara umum, cara membuat telur asin aneka rasa cukup mudah. Prosesnya sama persis dengan pembuatan telur asin rasa original. Perbedannya hanya pada tambahan bahan sumber rasa seperti jahe, cabe, jeruk, bawang putih dan lain-lain. Bahan ini ikut dicampurkan pada adonan pemberi rasa.

Editor    : Byaz
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Penerbit: PT CAKRA BUANA RAYA, Kep.Kemenkumham RI No: AHU-0067169.AH.01.09 TH 2009
Copyright © 2011. Byaz Surya Djagad - Inovatif Dan Kooperatif - All Rights Reserved
Template MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
Proudly powered by Byaz Surya Djagad