***BEDAH TUNTAS BUDIDAYA AGROBISNIS SEMUT RANG-RANG MSB***BERSINERGINYA GNP DENGAN MSB TEBAR KEBAHAGAIAN UNTUK ORANG PINGGIRAN***SRIKANDI GNP DIVISI HONG KONG SABET JUARA 3 DALAM LOMBA MARS KEBANGSAAN***STOP PRESS AKAN DILAKUKAN BAGI ANGGOTA DARI MEDIA ONLINE SURYAJAGAD.NET YANG TIDAK AKTIF***
Home » » Mencegah Dehidrasi Saat Menjalankan Puasa Ramadhan

Mencegah Dehidrasi Saat Menjalankan Puasa Ramadhan

Written By Byaz.As on Senin, 13 Juni 2016 | 08.17

Suryajagad.Net – Menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan, seringkali kita mendapati suasana pemandangan orang-orang yang lemas dan tidak bersemangat. Namun ada juga sebagian orang yang walau berpuasa namun tetap bugar. Meskipun melakukan aktivitas seperti hari biasanya.

Alangkah nikmatnya dikala menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan, kita tetap dapat menjalani aktifitas sehari-hari dengan kondisi yang segar bugar. Bagi sebagian orang yang dalam keseharian puasanya bermalasan dirumah atau tidur mungkin tidak terasa berat.

Bagi kita yang  rutin bekerja seharian, harus pandai mengatur pola makan saat sahur dan berbuka puasa. Agar pada saat menahan haus dahaga, berpuasa tetap bugar, produktivitas kerja tetap maksimal.

Perhatikan pola makan ketika sahur sebaiknya hindari makanan yang manis atau terlalu banyak gula. Dikarena asupan makanan atau minuman yang manis akan menyebakan tubuh yang lemas pada siang hari saat berpuasa. Disarankan lebih baik ketika sahur adalah meminum susu, karena susu akan mencegah anemia yang menyebabkan badan lemas pada siang harinya.

Menu yang disajikan sebaiknya yang mengandung air yang banyak atau buah sekalian sehingga tubuh tidak dehidrasi parah saat berpuasa nanti. Kurma juga dapat membuat tubuh bugar seharian. Apabila tidak menyukai buah saat sahur, meminum jus buah saja pun cukup baik untuk kelancaran BAB. Sebaiknya hindari fast-Food, gorengan atau makanan pedas saat sahur karena akan mengganggu pencernaan pada siang harinya.

Saat menjalankan ibadah puasa Kerjakan tugas-tugas  kerja dengan perlahan tapi pasi. Jangan menumpuk pekerjaan yang dapat membuat stress. Karena stress juga menyebabkan otak lelah dan akhirnya perut terasa lebih lapar. Apabila pada saat jam istirahat lebih baik dipakai untuk tidur sejenak. Setelah sholat dzuhur adalah waktu terbaik untuk tidur sejenak. Tidur selama 15 menit saja sudah dapat membangkitkan kembali semangat.

Melakukan olahraga ringan seperti peregangan atau berjalan kaki saat berpuasa sangat disarankan. Selain membantu menjaga berat badan, olahraga juga berfungsi untuk memperlancar peredaran darah dan menjaga kebugaran tubuh.

Apabila tiba waktu Berbuka segerakan berbuka dengan yang manis. Dahulukan sholat Magrib agar perut tidak kaget, barulah makan makanan kesukaan secukupnya jangan sampai kalap. Dikarenakan akan menyebabkan ngantuk saat akan menjalankan ibadah sholat tarawih.

Editor   : Byaz
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Penerbit: PT CAKRA BUANA RAYA, Kep.Kemenkumham RI No: AHU-0067169.AH.01.09 TH 2009
Copyright © 2011. Byaz Surya Djagad - Inovatif Dan Kooperatif - All Rights Reserved
Template MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
Proudly powered by Byaz Surya Djagad