***BEDAH TUNTAS BUDIDAYA AGROBISNIS SEMUT RANG-RANG MSB***BERSINERGINYA GNP DENGAN MSB TEBAR KEBAHAGAIAN UNTUK ORANG PINGGIRAN***SRIKANDI GNP DIVISI HONG KONG SABET JUARA 3 DALAM LOMBA MARS KEBANGSAAN***STOP PRESS AKAN DILAKUKAN BAGI ANGGOTA DARI MEDIA ONLINE SURYAJAGAD.NET YANG TIDAK AKTIF***
Home » » Berlimpahnya Kandungan Ketela Pohon Untuk Kesehatan

Berlimpahnya Kandungan Ketela Pohon Untuk Kesehatan

Written By Byaz.As on Minggu, 17 Juli 2016 | 07.00

Suryajagad.Net - Ketela pohon merupakan salah satu tanaman teman setia manusia. Tanaman yang memiliki kandungan karbohidrat hampir setara dengan nasi. Selain berguna sebagai sumber karbohidrat, ketela pohon juga memiliki kandungan serat cukup tinggi.

Ketela pohon mengandung protein, kalori, lemak, hidrat arang, fosfor, kalsium, zat besi, vitamin B dan C, dan amilum. Daunnya mengandung vitamin A, B1 dan C, kalsium, lemak, kalori, fosfor, hidrat arang, protein, dan zat besi. Kulit batang mengandung tannin, enzim peroksidase, glikosida, dan kalsium oksalat. 

Bagian yang dipergunakan adalah daun dan umbi. Dengan banyaknya kandungan di dalamnya, tanaman yang satu ini sangat bermanfaat untuk menjaga dan merawat kesehatan tubuh.

Menjaga kekebalan tubuh
Ketela pohon mengandung beta karoten yang menjadi bahab utama dari antioksidan. Kandungan di dalam ketela pohon seperti zat besi, fosfor, vitamin B kompleks, dan vitamin C, sangat dibutuhkan untuk menjaga kekebalan tubuh dari radikal bebas.

Mencegah peradangan dan pembengkakan
Peradangan dan pembengkakan diakibatkan adanya kuman penyakit yang menginfeksi bagian tubuh tertentu. Peradangan dan pembengkakan biasanya disertai dengan rasa sakit dan nyeri yang amat sangat. Kandungan vitamin C, beta karoten, dan magnesium di dalam ketela pohon mampu mencegah terjadinya pembengkakan. Ketela pohon tidak hanya mampu mencegah pembengkakan dan peradangan, ketela pohon juga mampu meredakan gejala tersebut.

Menjaga Keseimbangan cairan tubuh
Serat yang terkandung di dalam ketela pohon mampu membantu menahan keluarnya cairan di dalam tubuh. Dengan serat yang mampu menahan cairan tubuh yang keluar, cairan di dalam tubuh akan terjaga keseimbangannya. Hal ini penting karena sebagian tubuh manusia terdiri dari cairan. Kelebihan atau kekurangan cairan akan membuat kesehatan tubuh terganggu.

Mengatasi diabetes
Makanan dan minuman yang manis harus dihindari oleh para penderita diabetes. Hal ini dilakukan agar gula darah menjadi stabil. Untuk menjaga kestabilan gula darah, tubuh memiliki sistem sekresi dan memroduksi insulin. Agar sistem sekresi dan produksi insulin efektif untuk menjaga kestabilan gula darah, kita dapat mengonsumsi ketela pohon.

Meredakan radang lambung
Peradangan pada lambung dapat diakibatkan karena pola makan yang tidak teratur dan konsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat untuk tubuh. Kandungan beta karoten, kalsium, kalium, vitamin C, dan vitamin B kompleks pada ketela pohon mampu menjaga kesehatan organ lambung dan usus halus. Ketela pohon juga memiliki sifat anti peradangan yang dapat mencegah terjadinya penimbunan asam lambung sehingga terhindar dari maag kronis.

Mencegah Kanker
Ketela pohon mengandung zat antioksidan, beta karoten, vitamin C, dan anti karsinogen utama yang bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker usus halus, kolon, ginjal, prostat, dan pada organ tubuh yang lain.

Menyembuhkan bronchitis
Penyakit bronkitis ditandai dengan adanya gejala batuk yang tidak kunjung sembuh. Anda dapat menobati penyakit ini dengan mengonsumsi ketela pohon. vitamin C, zat besi, dan nutrisi lain yang terkandung di dalam ketela pohon mampu menyembuhkan penyakit ini. 

Pembangun otot tubuh
Ketela pohon mengandung karbohidrat, vitamin, dan mineral yang dapat dengan mudah diserap oleh otot. Dengan mengonsumsi ketela pohon tidak akan ada efek samping bagi Anda yang sedang membesarkan otot seperti yang ditimbulkan oleh suplemen berbahan kimia.

Sumber : Bersatulah.com
Editor      : Byaz
Share this article :
Comments
3 Comments

+ komentar + 3 komentar

Posting Komentar

 
Penerbit: PT CAKRA BUANA RAYA, Kep.Kemenkumham RI No: AHU-0067169.AH.01.09 TH 2009
Copyright © 2011. Byaz Surya Djagad - Inovatif Dan Kooperatif - All Rights Reserved
Template MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
Proudly powered by Byaz Surya Djagad