***BEDAH TUNTAS BUDIDAYA AGROBISNIS SEMUT RANG-RANG MSB***BERSINERGINYA GNP DENGAN MSB TEBAR KEBAHAGAIAN UNTUK ORANG PINGGIRAN***SRIKANDI GNP DIVISI HONG KONG SABET JUARA 3 DALAM LOMBA MARS KEBANGSAAN***STOP PRESS AKAN DILAKUKAN BAGI ANGGOTA DARI MEDIA ONLINE SURYAJAGAD.NET YANG TIDAK AKTIF***
Home » » Kirab Pusaka HUT Ngawi Dorong Tahun Wisata Visit Years 2017

Kirab Pusaka HUT Ngawi Dorong Tahun Wisata Visit Years 2017

Written By Byaz.As on Kamis, 21 Juli 2016 | 03.00

Suryajagad.Net - Kabupaten Ngawi adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibu kotanya adalah Kecamatan Ngawi. Kabupaten ini terletak di bagian barat Provinsi Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Grobogan, Kabupaten Blora (keduanya termasuk wilayah Provinsi Jawa Tengah), dan Kabupaten Bojonegoro di utara, Kabupaten Madiun di timur, Kabupaten Magetan dan Kabupaten Madiun di selatan, serta Kabupaten Sragen (Jawa Tengah) di barat.

Bertepatan dengan HUT Kabupaten Ngawi yang ke 658, menggelar acara Kirab Pusaka milik Pemerintah Kabupaten Ngawi  yang dimulai dari pelataran Kantor Desa Ngawi Purba diarak sampai Pendopo Wedya Graha Ngawi.

Kirab Pusaka diiringi dengan prosesi pengarakan 2 gunungan, yang masing-masing diberi nama Gunungan Jaler dan Gunungan Estri setinggi 2 meter  dan diarak hampir 60 anak secara bergantian. 

Ritualisasi budaya ‘Rebutan Gunungan’ bermakna untuk melakukan sedekah bumi sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah ta’ala terkait hasil pertanian Ngawi yang melimpah. Sedangkan untuk Kirab Pusaka Pemkab Ngawi yang meliputi Tombak Kyai Singkir dan Kyai Songgolangit selain itu Payung Tunggul Warono dan Tunggul Wulung bakal diarak 13 Kereta Kuda dari Kraton Solo.

Dalam gelaran acara tersebut mengerahkan 160 prajurit khas Kraton Solo, 30 prajurit Watangan dari jajaran Pemkab Ngawi, 6 orang Senopati dengan menunggang kuda  serta 1 Manggoloyudho, juga diiringi hampir 40 dokar.

Dalam pantauan Suryajagad.Net, ribuan warga turut serta dalam gelaran yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Ngawi. Gelaran acara kirab pusaka yang diiringi dengan mengarak Gunungan sangat berkaitan dengan tahun wisata atau Ngawi Visit Years 2017 mendatang. (Byaz)
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Penerbit: PT CAKRA BUANA RAYA, Kep.Kemenkumham RI No: AHU-0067169.AH.01.09 TH 2009
Copyright © 2011. Byaz Surya Djagad - Inovatif Dan Kooperatif - All Rights Reserved
Template MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
Proudly powered by Byaz Surya Djagad