***BEDAH TUNTAS BUDIDAYA AGROBISNIS SEMUT RANG-RANG MSB***BERSINERGINYA GNP DENGAN MSB TEBAR KEBAHAGAIAN UNTUK ORANG PINGGIRAN***SRIKANDI GNP DIVISI HONG KONG SABET JUARA 3 DALAM LOMBA MARS KEBANGSAAN***STOP PRESS AKAN DILAKUKAN BAGI ANGGOTA DARI MEDIA ONLINE SURYAJAGAD.NET YANG TIDAK AKTIF***
Home » , » Pendistribusian Zakat Fitrah Di Kantor Pusat Gerakan Ngawi Peduli

Pendistribusian Zakat Fitrah Di Kantor Pusat Gerakan Ngawi Peduli

Written By Byaz.As on Minggu, 03 Juli 2016 | 06.00

Suryajagad.Net - Pendistribusian zakat fitrah gelombang pertama, telah dilakukan oleh Komunitas Penggiat Sosial Gerakan Ngawi Peduli (GNP). Pelaksanaan penyaluran zakat fitrah tersebut dilakukan di Kantor Pusat GNP, Jalan Raya Pangkur – Dungus Km 10 Banjaransari – Ngawi. Sabtu sore (02/07/2016)

Sebanyak 83 paket zakat fitrah diserahakan ke janda-janda tua, kaum dhuafa dan orang kurang mampu.  Kegiatan tersebut di laksanakan untuk memenuhi kewajiban seorang muslim di bulan puasa ini yaitu membayar zakat kepada orang yang berhak menerima zakat. Karena merupakan rukun islam yang harus di lakukan untuk umat yang beragama islam. Harapannya beras tersebut bisa bermanfaat dan di gunakan semestinya oleh penerima zakat.

Zakat fitrah adala zakat yang sebab diwajibkanya adalah futhur (berbuka puasa) pada bulan Ramadhan. Zakat fitrah berbeda dengan zakat-zakat lainnya, sebab zakat fitrah adalah zakat atas badan, zakat atas diri, dan atau zakat atas kepala, sedangkan zakat-zakat lainnya adalah zakat atas harta. Oleh karena itulah maka syarat-syarat zakat seperti nishab dan haul tidak disyaratkan dalam zakat fitrah.

Zakat Fitrah diwajibkan atas setiap muslim, baik laki-laki maupun perempuan, merdeka maupun budak, besar maupun kecil, bahkan wajib bagi bayi yang baru lahir dan orang sakit yang mendekati ajal sekalipun, yang memiliki kelebihan makanan bagi diri dan keluarganya pada tanggal 1 Syawal. Zakat Fitrah adalah zakat wajib yang bersifat universal, tanpa memandang gender, jenis kelamin, status social, suku bangsa, maupun umur.

Zakat fitrah diwajibkan pada tahun kedua hijrah, yaitu tahun diwajibkannya puasa Ramadhan, untuk mensucikan orang yang berpuasa dari ucapan kotor dan perbuatan yang tidak ada gunanya, untuk memberi makan pada orang-orang miskin dan mencukupkan mereka dari kebutuhan dan minta-minta pada hari raya.Kewajiban zakat fitrah kepada setiap muslim ini, sesuai dengan hadis Rasulullah SAW.

Artinya : Dari Abdullah bin Umar ra, bahwasanya Rasulullah SAW telah mewajibkan zakat fitrah pada bulan Ramadhan untuk setiap jiwa kaum muslim, merdeka atau budak, lelaki atau perempuan, kecil ataupun besar, sebanyak satu sha kurma atau satu sha gandum.

Dalam hadis lain disebutkan :Artinya : Ibnu Abbas berkata, Rasulullah SAW telah mewajibkan zakat fitrah sebagai pembersih bagi orang-orang yang berpuasa dari perbuatan yang sia-sia dan perkataan yang kotor serta untuk member makan orang-orang miskin. Barang siapa melaksanakannya sebelum pelaksanaan sholat Idul Fitri, maka itu termasuk zakat yang diterima. Dan barang siapa yang melaksanakan etelah sholat Ied, maka itu diterima sebagai shodaqah biasa.. (Byaz)

Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Penerbit: PT CAKRA BUANA RAYA, Kep.Kemenkumham RI No: AHU-0067169.AH.01.09 TH 2009
Copyright © 2011. Byaz Surya Djagad - Inovatif Dan Kooperatif - All Rights Reserved
Template MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
Proudly powered by Byaz Surya Djagad