***BEDAH TUNTAS BUDIDAYA AGROBISNIS SEMUT RANG-RANG MSB***BERSINERGINYA GNP DENGAN MSB TEBAR KEBAHAGAIAN UNTUK ORANG PINGGIRAN***SRIKANDI GNP DIVISI HONG KONG SABET JUARA 3 DALAM LOMBA MARS KEBANGSAAN***STOP PRESS AKAN DILAKUKAN BAGI ANGGOTA DARI MEDIA ONLINE SURYAJAGAD.NET YANG TIDAK AKTIF***
Home » » Dindik Terapkan Metode Qur’any Gandeng Ponpes UW Jombang

Dindik Terapkan Metode Qur’any Gandeng Ponpes UW Jombang

Written By Byaz.As on Selasa, 16 Agustus 2016 | 22.00

Suryajagad.Net – Maraknya penyimpangan etika dan moral yang dilakukan oleh siswa belakangan ini menimbulkan polemik yang seakan tiada muaranya. Akibatnya, terjadi saling menyalahkan antara orang tua siswa, guru serta masyarakat. Lebih parahnya lagi, guru (guru Pendidikan Agama) yang sering dikambing hitamkan dalam persoalan ini.

Dalam menyikapi hal tersebut, Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang mengambil keputusan bekerjasama dengan Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqo (UW-Bulurejo-Diwek-Jombang), untuk melatih para guru khususnya guru mulok mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Pertama se-Kabupaten Jombang. Dalam pelatihan tersebut terutama sekali para guru dilatih menguasai metode Qur'any,yakni cara cepat baca,tulis,mengartikan dan cara mengamalkan Al-Qur'an.

Menurut Ustadz Sya’roni Hasan MPDi, salah satu perwakilan dari Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqo , Diwek, Jombang menuturkan, pelatihan berlangsung secara bergilir mulai dari guru SD sampai dengan SMP se-Kabupaten jombang. 

“Pelatihan ini kami lakukan secara bergilir, mulai dari tingkat SD hingga tingkat SMP se-Kabupaten Jombang. Metode yang diajarkan, menulis, membaca dan cara mengartikan Al-Qur'an beserta cara mengamalkannya. Guna melahirkan Generasi Qur’ani, Berjiwa kebangsaan,dan Cinta akhirat,” tutur Ustadz Sya’roni Hasan saat mengadakan pelatihan di SMPN 1 Jombang. Sabtu (13/08/2016) lalu.

Setelah pelatihan ini diharapkan para guru bisa melatih para muridnya untuk bisa memahami Al-Qur'an dan cara mengamalkannya. Metode qur'any adalah teknik cepat untuk bisa membaca,menulis,mengartikan dan memahami maksud ayat-ayat Al-Qur'an. Dengan demikian diharapkan siswa bisa paham Al-Qur'an dan bisa mengamalkannya.

Mengenal lebih dekat keberadaan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Urwatul Wutsqo (STIT-UW), yang berdiri sejak tahun 2003, kampusnya tepat dikomplek pondok pesantren Bulurejo Diwek, dibawah naungan yayasan Muhammad Ya'qub Jombang, berada dalam koordinasi Kopertais wilayah IV Surabaya. 

Kata Tarbiyah berasal dari Bahasa Arab yang artinya pendidikan, makanya tak heran adanya STIT-UW ini sebuah perguruan tinggi yang menghantarkan mahasiswanya menjadi guru SMA/MA/SMK, SMP/MTS, SD/MI, TK/RA maupun menjadi pendidik informal menjadi pengasuh pesantren, ustadz, tokoh masyarakat, pimpinan yayasan, pemuka agama, pejabat yang berkualitas, dan pemimpin umat untuk tujuan cinta akhirat,cinta ALLAH.

Di dirikan oleh bani KH.M.Ya’qub beserta santri, ustadz dan jama’ah Thoriqoh Syadziliyah al Mas’udiyah di Jombang, dipimpin pengasuh pondok pesantren Al-Urwatul Wutsqo yaitu KH.M.Qoyim Ya’qub sekaligus sebagai Guru Mursyidnya. 

Atas rahmat Allah ta’ala, berupa kecukupan rizqi dan gelar-gelar akademik yang layak untuk mendirikan perguruan tinggi, yakni Profesor, Doktor, maupun Magister juga fasilitas yang memadai STIT UW berdiri dan mengabdi berdasar pada semangat berbuat kebaikan demi terwujudnya manusia yang berkualitas atau paling tidak, membantu program pemerintah mengurangi jumlah manusia yang tidak berkualitas.

Sumber : Anam 
Editor    : Byaz
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Penerbit: PT CAKRA BUANA RAYA, Kep.Kemenkumham RI No: AHU-0067169.AH.01.09 TH 2009
Copyright © 2011. Byaz Surya Djagad - Inovatif Dan Kooperatif - All Rights Reserved
Template MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
Proudly powered by Byaz Surya Djagad