***BEDAH TUNTAS BUDIDAYA AGROBISNIS SEMUT RANG-RANG MSB***BERSINERGINYA GNP DENGAN MSB TEBAR KEBAHAGAIAN UNTUK ORANG PINGGIRAN***SRIKANDI GNP DIVISI HONG KONG SABET JUARA 3 DALAM LOMBA MARS KEBANGSAAN***STOP PRESS AKAN DILAKUKAN BAGI ANGGOTA DARI MEDIA ONLINE SURYAJAGAD.NET YANG TIDAK AKTIF***
Home » » Pakde Karwo : Provinsi Jawa Timur 33% Terbaik Dalam Pelayanan Publik

Pakde Karwo : Provinsi Jawa Timur 33% Terbaik Dalam Pelayanan Publik

Written By Byaz.As on Rabu, 03 Agustus 2016 | 02.00

Suryajagad.Net - Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengungkapkan bahwa perbaikan kualitas pelayanan publik yang terus dilakukan melalui berbagai inovasi merupakan salah satu bentuk bukti nyata progres perbaikan tata kelola pemerintahan. Hal tersebut dikemukakan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, dalam sambutannya pada Evaluasi Akuntabilitas Kinerja dan Reformasi Birokrasi Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur, Selasa, (02/08/2016).
Menurut Gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo, tercatat 33% pelayanan publik terbaik yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) berasal dari Provinsi Jawa Timur. "Tahun kemarin, hampir 33% pelayanan publik yang baik ada di Jawa Timur, itu hasil dari Kementerian PANRB kemarin. Dibidang gender saja, Provinsi Jatim 9 tahun berturut-turut menjadi juara," katanya.
Perbaikan dalam pelayanan publik tersebut juga dikatakan Pakde Karwo tak lepas dari perbaikan dalam implementasi akuntabilitas kinerja. Dikatakannya, Pemprov Jawa Timur akan terus berupaya untuk melakukan penyempurnaan terhadap implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).
Pelayanan publik terbaik tersebut memang banyak yang lahir di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur. Oleh karena itu, Soekarwo akan terus berupaya untuk memotivasi Kabupaten/Kota untuk memperbaiki sistem administrasi demi menghadirkan penyegaran melalui berbagai inovasi lainnya.
"Kabupaten/Kota itu lebih bagus kerjanya dari Provinsi, saat ini tinggal saya mendorong untuk memperbaiki administrasinya. Karena banyak hambatan-hambatannya itu dari administrasi," katanya.Seperti dalam rilis Suryajagad.Net dari laman Menpan.go.id, Selasa (02/07/2016)
Soekarwo juga menuturkan kisi-kisi bagaimana Pemprov Jawa Timur bisa mendapatkan predikat terbaik dalam evaluasi akuntabilitas kinerja dan reformasi birokrasi. Salah satunya adalah pada saat menentukan RPJMD, seluruh SKPD secara korelatif turut membuat rencana strategis.
Tak bisa dipungkiri, peran SAKIP menurut Soekarwo menjadi sangat penting. "Kata kuncinya perencanaan kinerja ini harus ada uangnya, sehingga perencanaan kinerja ini dengan penganggaran harus tampak uangnya. Harus ada pengintegrasian perencanaan kinerja dengan penganggaran," ujar Pakde Karwo. (Byaz)
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Penerbit: PT CAKRA BUANA RAYA, Kep.Kemenkumham RI No: AHU-0067169.AH.01.09 TH 2009
Copyright © 2011. Byaz Surya Djagad - Inovatif Dan Kooperatif - All Rights Reserved
Template MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
Proudly powered by Byaz Surya Djagad