***BEDAH TUNTAS BUDIDAYA AGROBISNIS SEMUT RANG-RANG MSB***BERSINERGINYA GNP DENGAN MSB TEBAR KEBAHAGAIAN UNTUK ORANG PINGGIRAN***SRIKANDI GNP DIVISI HONG KONG SABET JUARA 3 DALAM LOMBA MARS KEBANGSAAN***STOP PRESS AKAN DILAKUKAN BAGI ANGGOTA DARI MEDIA ONLINE SURYAJAGAD.NET YANG TIDAK AKTIF***
Home » » Siswa Madrasah Usia Dibawah 10 Tahun, Raih Medali Emas Asian Robotic Championship

Siswa Madrasah Usia Dibawah 10 Tahun, Raih Medali Emas Asian Robotic Championship

Written By Byaz.As on Sabtu, 06 Agustus 2016 | 09.33

Suryajagad.Net - Siswa madrasah kembali mengukir prestasi dalam ajang lomba robotik tingkat Asia. Adalah pasangan kakak beradik tim robotic Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang berhasil meraih Gold Prize dalam kategori Super Maze Solving pada Asian Robotic Championship di Kuala Lumpur Malaysia.

Mereka berdua adalah Syahrozad Zalfa Nadia (Ocha/9) dan Avicenna Roghid Putra Sidik (Ave/6). Ibu kedua siswa ini, Himatul Laily Waisnaini, menjelaskan bahwa putra dan putrinya juga meraih Special Award untuk ketegori Brick Speed dan Special Award untuk Robot Rero. 

"Jadi mereka berdua mendapat juara umum kedua dalam ajang itu. Alhamdulillah, usaha kami dari Jakarta terbayar," ujarnya. Seperti dilansir Suryajagad.Net dari laman Kemenag.go.id, Selasa (26/07/2016) lalu.

Dalam ajang itu, lanjut Laily, putranya juga menjadi peserta favorit karena merupakan peserta termuda. Menurutnya, lomba ini terbuka (open kategori) bagi peserta dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. "Mereka ini muda sekali karena usia masih di bawah 10 tahun. Peserta lainnya ada dari mahasiswa," tandasnya.

Laily menambahkan, project robot kreatif yang diusung putra putrinya dalam lomba kali ini adalah "Crane Otomatis Control Remote". Robot jenis ini mampu membantu memindahkan barang atau benda besar yang tidak bisa diangkat manusia. Selain itu, robot ini juga dapat mempercepat pekerjaan dalam memindahkan barang dan mampu mengurangi kecelakaan kerja. Semua terkontrol dengan remot jarak jauh," terangnya.

Sebelumnya, dua kakak beradik ini juga berhasil meraih prestasi dalam Asian Youth Robotic Olympiad (AYRO) 2016 yang digelar di Singapura. Mereka meraih Gold Prize Medal kategori Brick Speed, Gold Prize Medal kategori soccer robotic, Silver Prize Medal kategori Maze Solving Junior, dan Bronze Medal Aerial Robotic Junior dalam ajang yang diselenggarakan di negeri singa itu pada awal tahun ini.

Selain itu, tim robotic MI Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini sebelumnya juga meraih medali emas dalam ketegori Creative Robotic danSoccer Robotic serta Spesial Award untuk kategori Brain Mission dan Super Maze Solving pada ajang International Youth Robotic Competition (IYRC) zona Indonesia yang diselenggarakan 5 Juni lalu di Jakarta.(Byaz)
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Penerbit: PT CAKRA BUANA RAYA, Kep.Kemenkumham RI No: AHU-0067169.AH.01.09 TH 2009
Copyright © 2011. Byaz Surya Djagad - Inovatif Dan Kooperatif - All Rights Reserved
Template MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
Proudly powered by Byaz Surya Djagad