***BEDAH TUNTAS BUDIDAYA AGROBISNIS SEMUT RANG-RANG MSB***BERSINERGINYA GNP DENGAN MSB TEBAR KEBAHAGAIAN UNTUK ORANG PINGGIRAN***SRIKANDI GNP DIVISI HONG KONG SABET JUARA 3 DALAM LOMBA MARS KEBANGSAAN***STOP PRESS AKAN DILAKUKAN BAGI ANGGOTA DARI MEDIA ONLINE SURYAJAGAD.NET YANG TIDAK AKTIF***
Home » » Dampak Positif Dan Negatif La Nina Di Indonesia

Dampak Positif Dan Negatif La Nina Di Indonesia

Written By Byaz.As on Kamis, 13 Oktober 2016 | 07.29

Suryajagad.Net - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, berdasarkan pengamatan 50 tahun terakhir, pasca terjadinya El Nino akan diikuti La Nina. BMKG bahkan menyebut tahun 2016 sebagai kemarau basah, karena hanya 26 persen wilayah Indonesia yang benar-benar merasakan musim kemarau.

Akibatnya kondisi kemarau basah yang diperkirakan akan berlangsung hingga penghujung tahun akan bertemu dengan masuknya kembali musim hujan 2016/2017. BMKG memperkirakan, kondisi La Nina akan terus berlangsung hingga Januari, Februari, Maret tahun 2017 dan berpotensi menjadikan kondisi basah di wilayah Indonesia.

La Nina adalah gejala gangguan iklim yang diakibatkan suhu permukaan laut Samudera Pasifik dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Akibat dari La Nina adalah hujan turun lebih banyak di Samudera Pasifik sebelah barat Australia dan Indonesia. Dengan demikian di daerah ini akan terjadi hujan lebat dan banjir di mana-mana.

Fenomenan kemarau basah ini berdampak pada beberapa komoditas. Diantaranya petani garam, tembakau, bawang, dan cabe. Namun Kondisi basah akibat curah hujan yang tinggi membawa keuntungan untuk komoditas padi dan jagung. Tidak hanya itu, fenomena La Nina juga membuat hangat suhu muka laut Indonesia sehingga berdampak pada panen tuna.

Sementara itu, dampak ke bidang kesehatan, masyarakat harus tetap waspada saat menghadapi La Nina. Karena, hama penyakit dan DBD cenderung tinggi. Hal ini disebabkan superposisi Mode Dipole dan La Nina yang berpotensi banjir. (Dirangkum dari berbagai sumber)

Editor : Byaz
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Penerbit: PT CAKRA BUANA RAYA, Kep.Kemenkumham RI No: AHU-0067169.AH.01.09 TH 2009
Copyright © 2011. Byaz Surya Djagad - Inovatif Dan Kooperatif - All Rights Reserved
Template MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
Proudly powered by Byaz Surya Djagad