***BEDAH TUNTAS BUDIDAYA AGROBISNIS SEMUT RANG-RANG MSB***BERSINERGINYA GNP DENGAN MSB TEBAR KEBAHAGAIAN UNTUK ORANG PINGGIRAN***SRIKANDI GNP DIVISI HONG KONG SABET JUARA 3 DALAM LOMBA MARS KEBANGSAAN***STOP PRESS AKAN DILAKUKAN BAGI ANGGOTA DARI MEDIA ONLINE SURYAJAGAD.NET YANG TIDAK AKTIF***
Home » » Daun Talas Tumbuhan Liar Kaya Akan Manfaat Untuk Kesehatan

Daun Talas Tumbuhan Liar Kaya Akan Manfaat Untuk Kesehatan

Written By Byaz.As on Senin, 30 Januari 2017 | 17.00

Suryajagad.Net – Daun Talas dapat dikonsumsi dalam wujud beragam olahan. Juga memiliki beragam khasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit tertentu. Sebagian besar masyarakat jarang peduli pada tumbuhan ini karena talas banyak tumbuh liar dan belum banyak membudidayakannya.

Meski dapat tumbuh tinggi namun daun talas maksimal hanya 5 helai batang talas sekaligus sebagai tangkaidaun. Warnanya ada yang hijau ada yang ungu kemerahan. Jika umbinya sudah membesar secara alamiah daun dan batang talas akan mati.

Tangkai daun talas mengandung saponin dan daun talas mengandung polifenol. Senyawa ini berfungsi untuk memperkuat sistem imun, melancarkan sirkulasi darah, mencegah tulang keropos, anti tumor menyehatkan jantung dan membantu menurunkan berat badan serta sebagai penangkal radikal bebas yang merusak fungsi sel- sel di dalam tubuh.

Radikal bebas juga ada kaitanya dengan faktor utama kerusakan sel yang mempercepat penuaan. Kemudian daun talas mengandung protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, dan zat besi. Ada juga beberapa vitamin pada daun ini yaitu vitamin A, B1, dan C. Oleh karena itu, wajar saja jika daun talas memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Besar dan beragamnya kandungan kimia talas tersebut membuat banyak ahli merekomendasikan talas untukmengobati berbagai penyakit seperti :

1. Untuk mengobati diare:

Ambil 30 gr batang talas tambahkan 30 gr patikan kebo cuci semua bahan potong-potong seperlunya kemudian rebus dalam 2-3 gelas air bersih sampai tersisa separo. Saring menjadi dua bagian minum ramuan selagi hangat pagi dan sore. Lakukan pengobatan sampai penyakitnya sembuh.

2. Untuk mengobati disentri :

Ambil 20 gr akar talas segar, cuci sampai bersih lalu potong seperlunya. Kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa separonya. Saring lalu tambahkan gula seperlunya aduk sampai rata minum ramuan selagi hangat. Lakukan pengobatan sampai penyakitnya sembuh.

3. Untuk mengobati biduren :

Ambil 50 gr akar talas, tambahkan 150 gr iga sapi cuci kedua bahan hingga bersih kemudian ditim hingga selama 2 jam. Ambil airnya lalu minum selagi hangat, iga sapinya dimakan.

4. Untuk mengobati radang ginjal :

Ambil 500 gr isi talas kupas kulitnya, cuci hingga bersih lalu diiris lalu jemur hingga kering, goring tanpa minyak hingga kering benar lalu giling hingga menjadi bubuk. Ambil bubuk setengah sendok makan lalu diseduh dengan satu gelas air panas. Tambahkan gula merah secukupnya aduk sampai rata, lalu diminum. Lakukan pengobatan 1-2 kali sehari sampai penyakitnya sembuh.

5. Untuk mengobati nyeri sendi dan otot :

Ambil isi talas secukupnya, kupas kulitnya lalu ditumbuk atau diblender sampai halus, tambahkan 1-2 sendok the cuka beras putih dan minyak wijen secukupnya, aduk sampai rata. Oleskan ramuan pada bagian sendi dan otot yang sakit. Lakukan pengobatan secara rutin 1-2 kali sehari.

Editor  : Byaz
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Penerbit: PT CAKRA BUANA RAYA, Kep.Kemenkumham RI No: AHU-0067169.AH.01.09 TH 2009
Copyright © 2011. Byaz Surya Djagad - Inovatif Dan Kooperatif - All Rights Reserved
Template MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
Proudly powered by Byaz Surya Djagad