***BEDAH TUNTAS BUDIDAYA AGROBISNIS SEMUT RANG-RANG MSB***BERSINERGINYA GNP DENGAN MSB TEBAR KEBAHAGAIAN UNTUK ORANG PINGGIRAN***SRIKANDI GNP DIVISI HONG KONG SABET JUARA 3 DALAM LOMBA MARS KEBANGSAAN***STOP PRESS AKAN DILAKUKAN BAGI ANGGOTA DARI MEDIA ONLINE SURYAJAGAD.NET YANG TIDAK AKTIF***
Home » » Waspadai Penyakit Datang Saat Musim Hujan Melanda

Waspadai Penyakit Datang Saat Musim Hujan Melanda

Written By Byaz.As on Senin, 13 Februari 2017 | 20.29

Suryajagd.Net - Memasuki musim hujan, ada beberapa penyakit yang patut diwaspadai karena sering muncul di musim ini. Perubahan udara dari panas dan hangat menjadi dingin bahkan sangat dingin terkadang membuat tubuh kita bereaksi karena mulai beradaptasi dengan suhu yang baru atau disebut juga alergi. Selain karena tubuh yang bereaksi, penyakit muncul karena faktor dari luar seperti jamur yang muncul akibat terlalu lembab atau air banjir yang kotor dapat menyebabkan kita terkena penyakit kulit.

Musim hujan banyak muncul penyakit, Hal ini disebabkan salah satunya oleh sinar matahari yang tertutup awan tebal. Sinar matahari selain dapat “membunuh” virus, mikroba, jamur, dan bakteri sehingga menghambat penyebarannya, sinar matahari juga dapat meningkatkan pembentukan sistem kekebalan tubuh dengan baik. Sinar matahari juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, menormalkan kadar kolesterol, mencegah rachitis dan osteoporosis, meningkatkan fungsi hati, membantu kinerja ginjal, dan meringankan radang sendi.

Dampak dari penyakit yang muncul saat musim hujan , Influenza, Diare, Disentri, Cacingan, Leptospirosis, Penyakit akibat jamur Kulit, Asma, Penyakit demam berdarah, karena meningkatnya tempat perindukan nyamuk.

Cara efektif untuk menghindari sakit di musim hujan yaitu dengan menggunakan perlengkapan tubuh untuk menghindari hujan itu sendiri. Seperti halnya payung, mantel hujan, sepatu waterproof atau bahkan kebutuhan lainnya yang dapat melindungi tubuh agar terhindar dari air hujan tersebut.

Mengkonsumsi vitamin C, karena vitamin yang satu ini mampu meringankan gejala penyakit di musim dingin. Namun yang pasti dari vitamin tersebut adalah fungsinya sebagai antibodi, sehingga mampu menjaga kesehatan tubuh dari berbagai macam bentuk gangguan. Selain itu, daya tahan tubuh juga dapat lebih meningkat ketika mengkonsumsi jenis vitamin yang satu ini.

Kurangi rokok karena pada dasarnya dapat membuat tubuh menjadi lebih hangat, namun hal ini juga mengganggu saluran pernafasan. Karena itulah ketika memasuki musim hujan, sebaiknya konsumsi rokok lebih diminimalisir agar dapat terhindar dari jenis penyakit ISPA.

Mandi setelah kehujanan. Hal ini mungkin sedikit terdengar aneh, namun perlu diketahui, basah kuyup akibat kehujanan, maka penyakit akan lebih mudah untuk berkembang biak. Hal ini berkaitan dengan perubahan drastis pada suhu tubuh yang mampu membuat penyakit berkembang dengan lebih cepat. Karena itulah sebaiknya segera mandi ketika kehujanan, karena hal ini berfungsi untuk menstabilkan suhu tubuh yang dimiliki.

Segeralah mencari tempat berteduh. Karena hujan termasuk salah satu hal yang cukup mengejutkan. Untuk menghindari penyakit di musim hujan yang mungkin dapat menyerang kapan saja. Maka hindarilah hujan tersebut dengan cara berteduh pada area yang lebih tertutup atau tidak terkena air hujan itu tadi. (Dirangkum dari berbagai sumber) 

Editor : Byaz
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Penerbit: PT CAKRA BUANA RAYA, Kep.Kemenkumham RI No: AHU-0067169.AH.01.09 TH 2009
Copyright © 2011. Byaz Surya Djagad - Inovatif Dan Kooperatif - All Rights Reserved
Template MAS TEMPLATE Website Created by BSDJ TV
Proudly powered by Byaz Surya Djagad